Hati-hati! 8 Daerah di Jawa Tengah sudah berstatus zona merah Covid-19

Selasa, 08 Juni 2021 | 04:45 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati! 8 Daerah di Jawa Tengah sudah berstatus zona merah Covid-19

ILUSTRASI. Kini, sebanyak delapan daerah di Jawa Tengah disebut berstatus zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penularan Covid-19.


COVID-19 - SEMARANG. Hat-hati. Kini, sebanyak delapan daerah di Jawa Tengah disebut berstatus zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penularan Covid-19. Padahal, sebelumnya hanya ada tiga daerah yang berstatus zona merah yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Sragen. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut delapan daerah berstatus zona merah antara lain Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Demak, Grobogan, Sragen, Brebes dan Kabupaten Tegal. 

"Maka Brebes itu sudah nularin Kabupaten Tegal, terus kemudian yang Kudus ternyata merembet juga. Yang Kudus ini merembetnya satu kelompok, jadi tampaknya kok terkonfirmasi ya, Jepara, Pati Demak, Grobogan, sampai ke Sragen," kata Ganjar di kantornya, Senin (7/6/2021). 

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Bangkalan meledak, Satgas: Banyak warga yang anggap kebal virus

Ganjar meminta agar setiap daerah yang berdekatan dengan zona merah untuk siap siaga mengantisipasi terjadinya kasus Covid-19 yang terus bergerak mengalami peningkatan. 

"Artinya Rembang, Blora siap-siap. Kota Semarang, Boyolali siap-siap sampai nanti Solo, Karanganyar," ujar Ganjar. 

Untuk itu, Ganjar meminta agar setiap daerah menambah tempat tidur untuk ruang intensive care unit (ICU) dan ruang isolasi. 

Setiap daerah diminta segera melapor ke Pemerintah Provinsi Jateng apabila membutuhkan bantuan, terlebih jika tingkat keterisian rumah sakitnya sudah mencapai di atas 80%. 

Baca Juga: Kebijakan micro lockdown dinilai lebih efektif menekan pandemi

"Saya mintakan kabupaten kota tidak boleh inward looking harus forward looking. Artinya lihat kiri kanan bahwa mereka butuh pertolongan. Jadi enggak boleh egois. Kalau di kabupaten kota ini kalau sakit enggak boleh ke sana (berobat keluar kota) kan kasihan," jelas Ganjar.

"Kita harus menolong, seperti Semarang sudah lakukan itu. Pati juga sama tadi laporkan, 'kami kan terima dari kiri kanan, pak". Bagus, ganjarane akeh (ganjarannya banyak)," sambungnya. 

Saat ini, ada 10.297 kasus aktif Covid-19 di Jawa Tengah. Sebanyak 5.420 pasien menjalani perawatan di rumah sakit dan 4.878 lainnya berada di tempat isolasi yang disiapkan pemerintah. 

Ruang ICU rumah sakit di Jawa Tengah kini sudah terisi sekitar 51,87%. Sedangkan tempat isolasi sudah terisi 58,35%.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada, 8 Daerah di Jateng Sudah Berstatus Zona Merah Covid-19"
Penulis : Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

 

Selanjutnya: Kasus aktif COVID-19 di sejumlah wilayah di Jateng melonjak, ini kata Ganjar Pranowo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru