Hati-hati! Varian corona asal India akibat transmisi lokal ditemukan di Jakarta

Kamis, 20 Mei 2021 | 04:16 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati! Varian corona asal India akibat transmisi lokal ditemukan di Jakarta

ILUSTRASI. Varian baru Covid-19 asal India B.1.617 terkonfirmasi ada di satu wilayah DKI Jakarta.


COVID-19 - JAKARTA. Varian baru Covid-19 asal India B.1.617 terkonfirmasi ada di satu wilayah DKI Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ngabila Salama.

Satu kasus dengan varian mutasi dari India itu diketahui terjadi akibat transmisi lokal, bukan kasus impor dari luar negeri. "Di DKI sudah ada kasus transmisi lokal varian India dan kita sudah melakukan vaksinasi di RW tersebut. Baru ada satu kasus, kita sudah melakukan investigasi di sana," kata Ngabila saat dihubungi melalu telepon, Rabu (19/5/2021). 

Ngabila mengatakan, Dinkes DKI Jakarta sudah melakukan tracing secara masif di wilayah yang ditemukan kasus Covid-19 dengan infeksi corona asal India tersebut. 

Tempat ditemukannya varian baru tersebut juga menjadi prioritas vaksinasi sehingga penularan dan kasus fatal bisa dihindari. 

Baca Juga: Virus corona dari India lebih ganas, tapi 2 vaksin Covid-19 ini tetap ampuh melawan

"Sampel semua sudah kita kumpulkan dan kita sudah lakukan pemeriksaan lagi, dan juga dilakukan vaksinasi juga," kata Ngabila. 

Namun, Dinkes DKI Jakarta enggan mengumumkan lokasi tempat ditemukannya transmisi lokal varian baru asal India tersebut. 

"Terkait dengan wilayahnya nanti ke ibu Kepala Dinas akan menginfokan atau enggak, atau ke Bu Kabid," ujar Ngabila. 

Baca Juga: Sejumlah negara menunda vaksin Covid-19 dosis kedua, apa alasannya?

Kompas.com mencoba melakukan konfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dan Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2) Dinkes DKI Dwi Oktavia, tetapi hingga berita ini ditulis belum ada respons terkait informasi lokasi transmisi lokal tersebut ditemukan. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru