Peristiwa

Hendak ke Jakarta, puluhan pemudik dan travel gelap asal Tasik dicegat di Cianjur

Rabu, 03 Juni 2020 | 22:12 WIB Sumber: Kompas.com
Hendak ke Jakarta, puluhan pemudik dan travel gelap asal Tasik dicegat di Cianjur

ILUSTRASI. Enam unit kendaraan minibus diamankan jajaran kepolisian resor Cianjur.

KONTAN.CO.ID - CIANJUR. Enam unit kendaraan minibus diamankan jajaran kepolisian resor Cianjur, Jawa Barat, di check point Ciranjang, Cianjur, Rabu (3/6) dini hari. Kendaraan-kendaraan tersebut kedapatan tengah mengangkut pemudik asal Tasik yang hendak berangkat ke Jakarta via jalur Puncak.

Perwira Urusan Humas Polres Cianjur Ipda Ade Novi Dwiharyanto mengatakan, para penumpang terpaksa diminta pulang kembali ke daerahnya karena tidak mengantongi surat izin keluar masuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. “Puluhan penumpang ini kebanyakan dari Tasik. Tujuannya mau ke Jakarta lewat Puncak,” kata Ade kepada Kompas.com via telepon seluler, Rabu (3/6).

Baca Juga: Kemenhub siapkan 11 titik penyekatan khusus SIKM, ini lokasinya

Disebutkan, kendaraan-kendaraan travel gelap tersebut terjaring KRYD atau kegiatan rutin yang ditingkatkan yang dilaksanakan Polres Cianjur disejumlah pintu masuk wilayah perbatasan. “Untuk sepekan ke depan, kita memang tengah fokus untuk giat ini (razia arus balik ke Jakarta),” ujar dia.

Kendaraan-kendaraan travel gelap tersebut telah diamankan di Mapolres Cianjur karena melanggar Pasal 308. “Dilakukan penilangan karena bukan peruntukannya. Kendaraan plat hitam namun mengangkut orang dengan dimintai bayaran,” ucap Ade.

Sopir travel gelap tawarkan jasa via live Facebook

Sebelumnya diberitakan, polisi mengamankan MRA (35), sopir travel gelap saat tengah membawa penumpang asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menuju Jakarta. Kendaraan yang dibawa warga Tangerang Selatan itu dicegat petugas saat keluar dari jalur tikus di wilayah Limbangansari, Panembong, Cianjur, Minggu (31/5) malam.

Baca Juga: Jakarta bersiap untuk new normal, ini kekhawatiran para pengusaha di DKI

Petugas mengetahui adanya aktivitas keberangkatan pemudik asal Cianjur yang hendak balik ke Jakarta dari sopir yang melakukan live di Facebook untuk menawarkan perjalanan dari Cianjur ke Jakarta. Dari informasi itu, petugas kemudian melacak dan berhasil mencegatnya saat hendak keluar ke jalur utama di daerah Panembong.

Sopir travel gelap tersebut mematok tarif kisaran Rp 200.000-Rp 300.000 untuk ongkos sekali keberangkatan ke wilayah Jakarta dan Tangerang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hendak ke Jakarta, Puluhan Pemudik dan Travel Gelap Asal Tasik Dicegat di Cianjur.
Penulis: Firman Taufiqurrahman
Editor: Aprillia Ika

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru