Hujan Deras Guyur Jakarta, Sabtu (3/12): Ini Daftar Wilayang Tergenang Banjir

Sabtu, 03 Desember 2022 | 23:33 WIB Sumber: Kompas.com
Hujan Deras Guyur Jakarta, Sabtu (3/12): Ini Daftar Wilayang Tergenang Banjir

ILUSTRASI. Kendaraan melintasi genangan air yang disebabkan hujan deras di ruas Jalan Sultan Islandar Muda, Jakarta Selatan, Senin (7/11/2022).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) DKI Jakarta mencatat sejumlah wilayah di ibu kota kebanjiran imbas hujan deras pada Sabtu (3/12/2022).

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan berdasarkan data pukul 18.00 WIB, terdapat satu ruas jalan dan tiga RT di Jakarta Selatan yang tergenang banjir. Kondisi ini, disebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta.

"BPBD mencatat saat ini terdapat satu ruas jalan tergenang dan tiga RT atau 0,010 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Isnawa dalam keterangannya, Sabtu.

Baca Juga: Wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Ini Berpotensi Terjadi Gerakan Tanah

Berikut data wilayah yang tergenang banjir:

1. Kelurahan Jagakarsa (2 RT) Ketinggian: 20 sentimeter. Penyebab: curah hujan tinggi dan luapan kali Genggong

2. 2. Kelurahan Kebagusan (1 RT) Ketinggian: 25 sentimeter. Penyebab: curah hujan tinggi

Sementara satu ruas jalan tergenang adalah Jalan Pasar Minggu Raya dekat Aeon Mal Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan ketinggian 20 sentimeter.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," ucap Isnawa.

Isnawa mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

Baca Juga: 3 Fakta Banjir di Kota Jeddah, Pintu Gerbang Mekkah, yang Sebabkan 2 Orang Tewas

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 RT dan 1 Ruas Jalan di Jakarta Selatan Tergenang Banjir, Ini Daftar Wilayahnya "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru