Hujan lebat di Manado, banjir setinggi pinggang orang dewasa merendam pemukiman

Jumat, 29 Januari 2021 | 22:33 WIB Sumber: Kompas.com
Hujan lebat di Manado, banjir setinggi pinggang orang dewasa merendam pemukiman

ILUSTRASI. Warga membersihkan rumahnya dari endapan lumpur pascabanjir di Kelurahan Ternate Tanjung, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (17/1/2021).

KONTAN.CO.ID - MANADO. Hujan lebat yang mengguyur Kota Manado, Sulawesi Utara, pada Jumat (29/1) sore mengakibatkan banjir setinggi pinggang orang dewasa di Perumahan Welong Abadi, Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua. Genangan air masuk ke rumah warga.

Sebelumnya, wilayah ini juga terdampak banjir pada Jumat (22/1) lalu. "Banjir setinggi pinggang orang dewasa," kata Daniel Koloay, warga setempat.

Dia mengatakan, saat ini banjir sudah surut. "Warga mulai membersihkan kembali sisa material lumpur akibat banjir," katanya lewat pesan singkat saat dikonfirmasi, Jumat malam.

Terpantau juga di sosial media, banjir terjadi di beberapa titik di Manado. Di antaranya di Kelurahan Karombasan Utara, dan di Kecamatan Tikala. Di Kelurahan Karombasan Utara, Lingkungan III, air kanal meluap dan menggenangi rumah warga.

Baca Juga: Ini panduan kesiapsiagaan potensi banjir bandang Jakarta dua hari ke depan

Lokasi ini juga terdampak banjir pekan lalu dan mengakibatkan beberapa rumah warga rusak akibat banjir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Sam Ratulangi Manado telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim di Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam peringatan dini itu, BMKG menyebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 18.30 Wita. "Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di enam daerah," kata Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle, seperti dikutip dari rilis tertulis, Jumat (29/1).

Ben menyebut, kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 21.30 Wita. Berikut daerah berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang: Manado (seluruh wilayah), Minahasa Utara (seluruh wilayah), Bitung (seluruh wilayah), serta dapat meluas ke wilayah Minahasa (seluruh wilayah), Tomohon (seluruh wilayah), dan Minahasa Selatan (bagian utara).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hujan Lebat di Manado, Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa Rendam Pemukiman.
Penulis: Kontributor Manado, Skivo Marcelino Mandey
Editor: Khairina

Baca Juga: KLHK-Pemprov Kalsel siapkan 5 strategi pemulihan lingkungan pasca banjir bandang

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru