Ini Alasan Riza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel 2024

Rabu, 28 Agustus 2024 | 20:05 WIB   Reporter: kompas.com
Ini Alasan Riza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel 2024

ILUSTRASI. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta (16/6/2020). KONTAN/Fransiskus Simbolon. Riza patria menyatakan mundur di Pilkada Tangsel karena taati perintah partai.


PILKADA - JAKARTA. Ahmad Riza Patria memutuskan mundur dari pencalonannya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2024. Selain itu, komika Marshel Widianto yang diusung Gerindra menjadi calon Wakil Wali Kota juga menyatakan mundur dari Pilkada tahun ini.

Keputusan Riza mundur diketahui publik melalui Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani pada Rabu (28/8/2024).

Mundurnya Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2020-2022 tersebut menjadi alasan Demokrat menarik dukungan dari Riza-Marshel.

Baca Juga: Riza Patria Mundur, Gerindra Dukung Benyamin Davnie-Pilar di Pilkada Tangsel 2024

"Informasi mundurnya Pak Riza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel ini benar," ujar Kamhar dikutip dari Kompas.com, Rabu.

Lantas, apa alasan Riza mundur dari Pilkada Tangsel 2024?

Alasan Riza Patria mundur dari Pilkada Tangsel 2024

Riza mengatakan, ia batal mencalonkan diri sebagai Wali Kota Tangsel karena mendapat tugas khusus dari Gerindra. Namun, ia tidak menjelaskan tugas khusus seperti apa yang diberikan Gerindra sehingga dirinya batal maju Pilkada Tangsel.

Riza hanya menegaskan, ia patuh dan loyal kepada Prabowo Subianto sebagai pimpinan tertinggi partai.

Setelah menyatakan mundur, Riza mengatakan bahwa Gerindra memutuskan mendukung pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga di Pilkada Tangsel 2024.

"Nanti itu urusan DPP ya. Pokoknya sebagai kader harus selalu patuh dan taat di mana pun ditugaskan. Harus loyal, berkorban, disiplin, tanggung jawab, amanah, dan dapat dipercaya," katanya dikutip dari Kompas.com, Rabu.

Marshel Widianto ikuti jejak Riza Patria

Beberapa jam setelah Riza memutuskan mundur, Marshel juga menyatakan batal maju Pilkada Tangsel.

Hal tersebut diumumkan Marshel di kantor DPC Gerindra, Tangerang Selatan pada Rabu (29/8/2024).

Setelah mundur, komika berusia 28 tahun tersebut menyatakan dukungannya kepada pasangan Benyamin-Davnie.

"Mundur untuk kemajuan Tangsel," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Rabu. Lebih lanjut, Marshel mengaku, ia tidak menyesal terjun ke politik meski batal maju sebagai calon Wakil Wali Kota Tangsel.

Baginya, perjuangannya bersama Riza selama mempersiapkan Pilkada Tangsel 2024 tidak sia-sia.

Ia beralasan, dirinya bersama Riza sudah menitipkan aspirasi masyarakat Tangsel kepada Benyamin-Pilar.

"Tapi bukan berarti perjalanan saya bersama dengan Pak Riza Patria itu sia-sia kemarin teman-teman karena itu adalah sebuah aspirasi dan juga keluhan langsung dari masyarakat Tangerang Selatan," jelas Marshel.

Baca Juga: Diprediksi Muncul Tiga Pasang, Gerbong KIM Pecah di Pilgub Jabar

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Riza Patria Buka-bukaan soal Alasan Mundur dari Pilkada Tangsel 2024", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2024/08/28/194500865/riza-patria-buka-bukaan-soal-alasan-mundur-dari-pilkada-tangsel-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru