Ini Deretan Alutsista yang Ikut Meriahkan HUT Ke-78 RI di Langit Jakarta

Senin, 14 Agustus 2023 | 11:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Deretan Alutsista yang Ikut Meriahkan HUT Ke-78 RI di Langit Jakarta

ILUSTRASI. Pesawat dan helikopter akan melaksanakan atraksi udara di langit Jakarta, saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. KONTAN/Fransiskus Simbolon


PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI - JAKARTA. Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) berupa pesawat dan helikopter akan melaksanakan atraksi udara di langit Jakarta, saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, pada Kamis (17/8/2023).

Alutsista itu antara lain, sepuluh pesawat tempur F-16, enam pesawat KT-1B Wongbee, delapan helikopter dari tiga matra TNI, lima helikopter Colibri, dan satu pesawat Boeing-737.

Sejumlah alutsista itu telah melaksanakan geladi kotor pada hari pertama, yang dipusatkan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Ada Pameran Alutsista, Ajak Keluarga Rayakan Hari Kemerdekaan RI di Living World yuk

“Sepuluh pesawat tempur F-16 Fighting Falcon melaksanakan flypast membentuk formasi diamond dan bomb burst. Dilanjutkan dengan delapan helikopter tri matra TNI yang terbagi dalam dua elemen dengan membawa dua bendera Merah Putih ukuran besar,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Demo udara dilanjutkan dengan penampilan enam pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang melaksanakan manuver udara.

Sementara itu, lima helikopter EC-120B Colibri melaksanakan manuver udara break off dan pegasus cross pada fase 1.

Baca Juga: Mendorong Industri Pertahanan Nasional Rengkuh Pasar Global

Pada fase 2, tim Dynamic Pegasus melaksanakan manuver udara berupa windmill, gemufamire, dan pegasus kiss.

“Geladi kotor hari pertama telah sesuai sequence demo udara yang akan dimainkan saat hari-H nantinya. Mulai dari take off hingga landing kembali di Lanud Halim Perdanakusuma. Demo udara berlangsung hingga satu setengah jam,” ucap Kadispenau.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Alutsista yang Meriahkan HUT Ke-78 RI di Langit Jakarta: dari F-16, KT-1B hingga Helikopter Colibri"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru