CLOSE [X]

Ini Perkiraan Waktu Munculnya Fenomena Purnama Rusa Super di Indonesia, Mau Lihat?

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:53 WIB   Penulis: Arif Budianto
Ini Perkiraan Waktu Munculnya Fenomena Purnama Rusa Super di Indonesia, Mau Lihat?

ILUSTRASI. Ini Perkiraan Waktu Munculnya Fenomena Purnama Rusa Super di Indonesia, Mau Lihat?


KONTAN.CO.ID - Inilah perkiraan waktu munculnya fenomena Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon) di wilayah Indonesia. Fenomena Purnama Rusa Super ini bakal terlihat pada hari Kamis, 14 Juli 2022 mulai pukul 01.57 WIB/ 02.57 WITA/ 03.57 WIT.

Dalam hitungan beberapa jam lagi menunggu hari esok tiba, fenomena Purnama Rusa Super (Full Buck Moon) dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Melansir laman resmi Edukasi Sains Antariksa LAPAN/BRIN, Purnama Rusa (Full Buck Moon) adalah Bulan Purnama yang terjadi di bulan Juli. Definisi tersebut juga dipakai untuk fase Bulan Baru.

Penamaan Purnama Rusa ini bukan semata-mata karena bentuk Bulan mirip tanduk rusa. Dalam The Farmer's Almanac (Almanac Petani Amerika), rusa jantan muda mulai tumbuh tanduk di  bulan Juli.

Oleh karena itu penamaan Bulan Purnama yang terjadi di bulan Juli ini dinamakan Purnama Rusa (Full Buck Moon).

Baca Juga: Begini Potret Alam Semesta yang Berhasil Tertangkap Teleskop Luar Angkasa James Webb

FENOMENA SUPERMOON MERAH MUDA

Terlepas dari semua itu, penampakan Purnama Rusa di tahun 2022 ini tampak spesial, sebab bertepatan dengan Purnama Super (Full Supermoon) atau secara teknis disebut Perigeal Full Moon atau Purnama Perige.

Menariknya lagi, ternyata fenomena ini cukup langka, lho! Fenomena serupa sempat terjadi pada tahun 2004 dan 2013, sehingga fenomena tersebut terjadi setiap sembilan tahun sekali.

Selanjutnya fenomena ini akan terjadi kembali pada tahun 2031 dan 2040.

Baca Juga: Pekan Ini Sebuah Komet yang Sangat Besar Akan Terbang Melintasi Bumi, Apakah Aman?

Menurut Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa BRIN, Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon) ini dapat disaksikan di berbagai wilayah Indonesia.

Setidaknya Anda dapat bersiap-siap menunggu hadirnya Purnama Rusa Super menjelang waktu maghrib atau matahari terbenam. Nantinya penampakan Bulan Purnama Rusa Super ini akan terlihat sampai keesokan hari.

Lalu, bagaimana cara menyaksikan fenomena Bulan Purnama Rusa Super kali ini?

Bulan terbit dari arang Tenggara sekitar 16-32 menit sebelum Matahari terbenam pada tanggal 13 Juli 2022. Dan akan berada di atas ufuk selama 12 jam 8 menit di wilayah Sabang hingga 13 jam 16 menit di wilayah Rote Ndao.

Kemudian Bulan tersebut akan terbenam dari arah Barat Daaya sekitar 15-27 menit setelah Matahari terbit keesokan harinya.

Untuk menyaksikan fenomena Bulan Purnama Rusa Super ini, Anda dapat arahkan pandangan sesuai arah terbit hingga terbenamnya Bulan. Kabar baiknya, Anda juga tidak perlu menggunakan alat bantu optik, kecuali jika ingin mengabadikannya dalam bentuk foto atau rekaman video.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menyaksikan fenomena Bulan Purnama Rusa Super ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru