Ini target pengerjaan MRT di Jakarta hingga 2019

Senin, 16 Januari 2017 | 16:10 WIB Sumber: Kompas.com
Ini target pengerjaan MRT di Jakarta hingga 2019


JAKARTA. Direktur Utama PT Mass Rapid Transit (PT MRT) William P Sabandar memaparkan rencana jangka pendek hingga realisasi proyek mass rapid transit (MRT) di Jakarta yang ditargetkan beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

Target awal yang hendak dicapai adalah memastikan desain rangkaian kereta.

"Desainnya akan ditentukan. Kalau sudah dapat, mulai produksi bulan Februari sampai dengan akhir tahun ini," kata William di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/1).

Selain itu, pembangunan stasiun MRT di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan akan dipercepat. Pembangunan dimulai dari 4 Februari hingga 11 Agustus 2017.

Bersamaan dengan itu, 400 meter ruas Jalan Fatmawati akan ditutup. Sebagian jalan tersebut, jalur kiri dan kanannya, disediakan ruang kosong selebar tiga meter khusus untuk akses angkutan umum.

"Tahun 2018 nanti, secara bertahap, kereta yang sudah diproduksi akan didatangkan ke sini. Nanti kami juga mulai untuk uji coba kira-kira bulan Juni 2018 karena target penyelesaian konstruksinya bulan Juni itu," ujar William.

Setelah uji coba berjalan, pihaknya akan melakukan pengecekan terakhir pada Februari 2019 dan menyelesaikan semua pengerjaan serta mulai mengoperasikan MRT fase satu pada Maret 2019. (Andri Donnal Putera)

Jumlah rangkaian yang akan digunakan sebanyak 16 rangkaian dengan enam kereta untuk masing-masing rangkaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru