Jadi syarat perjalanan, ini lokasi dan biaya rapid test antigen di Jakarta

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:19 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Jadi syarat perjalanan, ini lokasi dan biaya rapid test antigen di Jakarta

ILUSTRASI. Jadi syarat perjalanan, ini lokasi dan biaya rapid test antigen di Jakarta. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai hari ini,18 Desember 2020 masyarakat yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum untuk keluar masuk Jakarta harus menunjukkan hasil rapid test antigen atau swab antigen. Lalu, dimana lokasi untuk mendapatkan layanan rapid test antigen virus corona?

Rapid test antigen menggantikan kebijakan sebelumnya, yakni rapid test antibody. Rapid test antigen memang lebih akurat mendeteksi virus corona dibandingkan rapid test antibody. Namun, biaya rapid test antigen lebih mahal dibandingkan rapid test antibody.

Test deteksi virus termasuk virus corona dengan rapid antigen adalah pemeriksaan antigen. Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk ke tubuh. 

Mayoritas antigen yang masuk ke tubuh berbahaya. Saat antigen masuk tubuh, akan memicu tubuh menciptakan sistem imunitas yang berfungsi membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) untuk berhadapan dengan antigen. Reaksi ini sebagai bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit.

Virus corona yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. Nah, antigen ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen.

Rapid test antigen untuk virus corona dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab alias usap. Biaya  test swab antigen ini di rentang Rp 350 ribu sampai Rp 650 ribuan.

Berikut daftar rumah sakit dan klinik penyedia layanan rapid test antigen di Jakarta dan sekitarnya:

Rapid test antigen di Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Helix Lab Fakultas Tekni Universitas Indonesia ini berlokasi di kota Depok, Jawa Barat.  Helix Lab Fakultas Tekni Universitas Indonesia mengaku menangani 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap hari.

Biaya rapid test antigen di Helix Lab mencapai Rp 350.000. Selain rapid test antigen, Helix Lab juga melayani tes PCR dengan tarif Rp 800.000, rapid test antibody dengan biaya Rp 95.000.

Baca Juga: Daftar rumah sakit, klinik, lab test PCR Swab dengan tarif termahal Rp 900 ribu

Buka halaman selanjutnya untuk daftar rumah sakit dan klinik penyedia layanan rapid test antigen lainnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru