Jakarta masih PPKM Level 4 walau sudah zona hijau, ini kata Anies

Senin, 23 Agustus 2021 | 16:29 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta masih PPKM Level 4 walau sudah zona hijau, ini kata Anies

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi Covid-19 di Jakarta Jumat (6/8/2021) kepada tenaga kesehatan untuk penyuntikan dosis ketiga. Jakarta masih PPKM Level 4 walau sudah zona hijau.


PPKM - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemerintah pusat memiliki sejumlah pertimbangan dalam memutuskan perpanjangan PPKM Level 4 di Jakarta, meski Ibu Kota sudah masuk zona hijau Covid-19. 

Salah satu pertimbangannya adalah kondisi penanganan Covid-19 di daerah-daerah penyangga, yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

"Yang dipertimbangkan pemerintah pusat adalah karena tetangga kanan-kiri (Bodetabek) masih belum 100 persen terkendali, maka bila ada perubahan di Jakarta, dikhawatirkan terjadi lonjakan kembali," kata Anies dalam diskusi virtual yang diunggah akun Youtube Gelora TV, Minggu (22/8). 

Hari ini, Senin (23/8), perpanjangan PPKM Level IV berakhir. Hanya, pemerintah belum memutuskan, apakah akan memperpanjang lagi atau tidak.

Anies menjelaskan, pencapaian vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 103 persen. Sementara pencapaian vaksinasi di kota-kota penyangga masih di bawah 50 persen. 

"Tetangga-tetangga kita ada yang 15 persen, ada yang 20 persen, ada yang baru 30-an (persen pencapaian) dari vaksinasi," ujar Anies. 

Baca Juga: UPDATE corona di Jakarta Minggu (22/8) positif 702, sembuh 1102, meninggal 28

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga mengklaim, Jakarta sudah masuk zona hijau Covid-19 dan memenuhi herd imunity. Klaim ini merujuk pada adanya penurunan kasus aktif akhir-akhir ini dan seiring peningkatan pelaksanaan vaksinasi.

"Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity (kekebalan kelompok). Namun, demikian kami minta semua warga disiplin patuh dan taat protokol kesehatan," kata Riza dilansir dari Antara. 

Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, ia mengajak warga DKI Jakarta yang belum vaksin agar segera mendatangi sentra vaksinasi Covid-19 terdekat agar target segera tercapai. 

Dan, meski telah memasuki zona hijau, Riza mengimbau masyarakat tetap konsisten dalam melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, agar mencegah potensi lonjakan kasus Covid-19. 

Pasalnya, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meningkatkan target vaksinasi menjadi 11 juta jiwa, dari awalnya 8,8 juta orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jakarta Terapkan PPKM Level 4 meski Berstatus Zona Hijau Covid-19, Ini Penjelasan Anies"

Penulis: Rindi Nuris Velarosdela
Editor: Rindi Nuris Velarosdela

Selanjutnya: Realisasi vaksinasi corona di Jakarta Sabtu (21/8) dosis 1 sudah 104,2% dari target

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru