Jalan layang Semanggi mulai dibangun 8 April

Jumat, 25 Maret 2016 | 14:14 WIB Sumber: TribunNews.com
Jalan layang Semanggi mulai dibangun 8 April


Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memulai pembangunan jalan layang Semanggi atau Semanggi Interchange pada 8 April 2016. Proyek itu diharapkan dapat mengurai kemacetan.

Semua syarat untuk memulai pembangunan sudah lengkap, termasuk kontrak kerja dengan kontraktor pembangunan. PT Wijaya Karya (Wika) ditunjuk untuk mengerjakan proyek yang menelan anggaran berkisar Rp 345 miliar. Pembangunan akan selesai pada pertengahan 2017.

"Kontraknya sudah masuk. Nanti adanya penambahan ruas ini untuk mengurai kemacetan, apalagi kepadatan lalu lintas sering membuat buka tutup jalan," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal saat dihubungi, Jumat (25/3/2016).

Yusmada menjelaskan, nantinya kendaraan yang melintas dari arah Ratu Plaza yang hendak ke Cawang tidak harus melewati jalan di bawahnya lagi. ?Kedua Jalan layang itu akan memiliki panjang 1 kilometer dengan ketinggian dari jalan berkisar 5,1 meter.

Pengguna kendaraan bisa langsung masuk flyover melalui kiri, lalu belok kanan ke arah Cawang. Jalanan juga akan dilengkapi pencahayaan sesuai kebutuhan.

"Nantinya akan dilengkapi pencahayaan yang bisa diatur sesuai kebutuhan," imbuh dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, peletakan batu pertama (groundbreaking) akan dilakukan pada April atau Mei 2016.

Pembangunan jalan layang Semanggi merupakan kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) dari PT Mitra Panca Persada. Sesuai Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2014, tentang Rencana Dasar Tata Ruang (RDTR), kompensasi tidak boleh lagi dilakukan dengan retribusi.

Perda tersebut diturunkan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) kompensasi peningkatan KLB yang dibuat oleh Ahok sendiri. PT Mitra Panca Persada  akan membiayai pembangunan jalan layang senilai sekitar Rp 345 miliar.

Dengan adanya Semanggi Interchange, kendaraan dari arah Jalan MT. Haryono menuju bundaran Hotel Indonesia (HI) bisa langsung melintas tanpa terganggu arus kendaraan yang berputar menuju Slipi atau pun Sudirman.?

"Nah yang dari Grogol mau ke Kebayoran baru juga langsung lingkar aja. Jadi nanti bentuknya kayak lingkaran aja. Jadi nanti bentuknya kayak lingkaran, sehingga kupingnya itu yang makai sedikit," ujar Ahok.

(Dennis Destryawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru