Jasa Marga: Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa Jadi Pendorong Ekonomi Sumut

Kamis, 31 Agustus 2023 | 14:51 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Jasa Marga: Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa Jadi Pendorong Ekonomi Sumut

ILUSTRASI. Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera)


JALAN TOL - JAKARTA. PT Jasa Marga Persero Tbk (JSMR) melalui PT Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT), mengelola jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Thomas Dwiatmanto Representative Office 1, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division menuturkan jalan tol tersebut menjadi akses penting pendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.

"Jalan tol yang membentang sepanjang 42,7 km ini menjadi jalur utama bagi pergerakan transportasi menuju kawasan industri dan wisata di wilayah Medan," ujarnyq dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (31/8).

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Bukukan Laba Bersih Rp 2,75 Triliun pada 2022

Jalan Tol Belmera merupakan jalan tol pertama di Pulau Sumatera yang mulai beroperasi secara penuh sejak tahun 1986 dan sampai saat ini keberadaannya mampu memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan kawasan sekitarnya.

Dalam perkembangan ekonomi di Sumatera Utara, Jalan Tol Belmera merupakan akses penghubung wilayah Pelabuhan Belawan ke Medan hingga Tanjung Morawa.

Pengembangan titik baru wilayah industri properti dan wisata di Sumatera Utara serta menjadi jalur distribusi angkutan logistik dari dan menuju wilayah Sumatera Utara.

Selain itu, keberadaan Jalan Tol Belmera juga meningkatkan perkembangan industri pariwisata di wilayah Medan, seperti objek wisata Cemara Asri yang dapat ditempuh lebih cepat melalui Gerbang Tol (GT) H. Anif dan obyek wisata Waterland Tamora yang mudah dijangkau melalui GT Tanjung Morawa

Ruas Jalan Tol Belmera memiliki 12 gerbang tol yaitu GT Tanjung Morawa, GT Tanjung Mulia, GT Belawan, GT Bandar Selamat 1 & 4,  GT H. Anif 1 & 2, GT Mabar 1 & 2, dan GT Amplas.

"Dilihat dari rata-rata jumlah kendaraan per hari yang melintas di 12 Gerbang Jalan Tol Belmera periode bulan Januari s.d Juli 2023 tercatat sebanyak 79.115 kendaraan melintas di Jalan Tol Belmera atau meningkat 2.73% jika dibandingkan dengan rata-rata jumlah kendaraan per hari pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 77.016 kendaraan," sambungnya.

Baca Juga: Total Konsesi Jalan Tol Jasa Marga (JSMR) Mencapai 1.906 Km Hingga Akhir 2022

Keberadaan Jalan Tol Belmera memangkas waktu tempuh kendaraan dari Belawan menuju Tanjung Morawa.

Pengguna jalan tol membutuhkan waktu tempuh 1 jam jika menggunakan jalan arteri, sedangkan dengan melalui Jalan Tol Belmera, pengguna jalan tol hanya memerlukan waktu 30 menit.

JNT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru