kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jenazah Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas dimakamkan di makam Karangkajen


Jumat, 03 Januari 2020 / 10:05 WIB
Jenazah Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas dimakamkan di makam Karangkajen
ILUSTRASI. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Yunahar Ilyas, LC meninggal pada Kamis (2/1/2020) di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta.

Sumber: TribunNews.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Wakil Ketua Umum MUI Pusat, Prof Dr H Yunahar Ilyas Lc MA wafat pada Kamis 2 Januari 2020, pukul 23.47 WIB di RS Sardjito Yogyakarta.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribun Jogja seperti dikutip Tribunnews, pelepasan jenazah akan dilakukan di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB, dan dilanjutkan pemakaman di Makam Karangkajen.

Baca Juga: Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas meninggal dunia

Saat ini jenazah tengah berada di Kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro No 23 Yogyakarta, akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada pukul 10.30 WIB.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa keluarga, pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSU Sarjito, dan PP Muhammadiyah sudah berikhtiar maksimal bagi kesembuhan Yunahar Ilyas, tapi Allah SWT menentukan jalan akhir hayat dengan memanggil ke haribaan-Nya.

Prof Yunahar Ilyas adalah Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Tarjih dan Tabligh.

"Saya telah lama berkawan dan berinteraksi secara intens dengan Prof Yunahar sejak tahun 1980an, banyak teladan yang baik yang dapat diambil dari beliau," kenang Haedar ketika ditemui pada Jumat (3/1).

"Penguasaan ilmu agama yang mendalam khususnya di bidang tafsir, kepiawaian dalam bertabligh yang mudah dicerna umat, ramah dan mudah bersahabat, serta kehati-hatian dalam bersikap sehingga seksama dan bijaksana," ujar dia.

Baca Juga: Kasus Uighur, GP Ansor minta klarifikasi atas lahan minyak dan gas di Xinjiang

Haedar mengatakan bahwa Muhammadiyah sangath kehilangan figur ulama yang santun dan menjunjung akhlak mulia. "Beliau rutin mengajar tafsir di Gedung PP Muhammadiyah Yogyakarta dan Jakarta serta dikenal ringan hati untuk memberi pengajian ke manapun," ucap Haedar.

Selain itu, almarhum juga meninggalkan sejumlah buku penting dan menulis tarikh di Suara Muhammadiyah secara rutin. "Semoga semuanya menjadi amal jariyah yang terus mengalir baginya," imbuh Haedar.

"Semoga almarhum husnul khatimah dan diterima di sisi Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal 'alamiin," kata Haedar.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Jenazah Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas akan Dimakamkan di Makam Karangkajen"




TERBARU

Close [X]
×