Jokowi optimistis raup 80% suara di Brebes

Kamis, 04 April 2019 | 23:51 WIB Sumber: TribunNews.com
Jokowi optimistis raup 80% suara di Brebes


PEMILU 2019 - BREBES. Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), melakukan kampanye terbuka di Alun-Alun Brebes, Jawa Tengah, Kamis (4/4).

Dalam orasinya, Jokowi mengaku takjub melihat banyaknya warga yang hadir dalam kampanye tersebut.

Oleh karena itu, Jokowi menargetkan pada Pemilu yang akan digelar 17 April mendatang, pasangan nomor 01 meraup suara lebih dari 80 persen di Kabupaten Brebes.

"Pada 2014 lalu, Jokowi-JK memperoleh 65 % suara di Brebes. Tapi 2019 ini, melihat militansi yang hadir begitu banyak, saya menargetkan harus bisa lebih dari 80 %," kata Jokowi.

Pantauan Tribun Jateng, puluhan ribu warga yang hadir mayoritas mengenakan busana agamis warna putih.

Mereka memadati seluruh area Alun-Alun. Bahkan, pengunjung meluber hingga jalan Pantura Brebes.

Sebelum digelar kampanye, puluhan ribu warga yang hadir terlebih dahulu mengikuti tahlil dan doa bersama untuk bangsa yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB.

Seusai tahlil dan doa bersama, warga tetap bertahan hingga dilanjutkan kampanye oleh Jokowi, sapaan Joko Widodo. Jokowi sendiri tiba di lokasi kampanye sekitar pukul 17.15 WIB.

Dalam kampanyenya, Jokowi mempromosikan tiga kartu sakti yang akan dijalankannya jika terpilih kembali menjadi Presiden.

"Tiga kartu ini akan dimulai tahun 2020 karena ini program Capres. Siapa yang setuju tiga kartu ini? Tunjuk jari," ucapnya yang disambut riuh pengunjung sembari mengacung jari.

Ketiga kartu tersebut yaitu kartu Sembako Murah, KIP Kuliah dan Kartu Pra Kerja.

Jokowi menjelaskan, dalam kartu Sembako Murah, terdapat diskon jika digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok.

"Kita harapkan dengan kartu Sembako Murah, maka gizi anak kita lebih baik, sehat dan menjadi pintar," jelasnya.

Untuk KIP Kuliah, Jokowi menyebutkan, sebagai pengembangan dari KIP sebelumnya yang dipakai untuk SD, SMP dan SMA. Adanya KIP Kuliah, nantinya kebutuhan biaya perkuliahan akan terjamin.

"Kita kan sudah ada KIP yang dipakai SD, SMP dan SMA. Nanti akan ada KIP Kuliah, yang bisa digunakan di perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri," imbuhnya.

Terakhir yaitu Kartu Pra Kerja. Terkait kartu tersebut, Jokowi menyebutkan diperuntukkan bagi lulusan SMA, SMK, Akademi maupun Perguruan Tinggi yang ingin masuk kerja.

Pemegang kartu tersebut nantinya diberi pelatihan atau training dahulu oleh Kementerian, BUMN, swasta dan lembaga lain, sebelum masuk dunia kerja.

 "Terakhir saya titip, tanggal 17 April, kita ajak kawan, saudara, teman, handai taulan, untuk datang ke TPS memakai baju putih. Karena yang mau dicoblos bajunya putih," pungkasnya. (nal)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Puluhan Ribu Warga Brebes Hadiri Kampanye, Jokowi Optimis Raup 80 Persen Suara di Brebes

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru