Kadis Perumahan Pemprov DKI bantah tuduhan Ahok

Kamis, 30 Juni 2016 | 15:50 WIB Sumber: Kompas.com
Kadis Perumahan Pemprov DKI bantah tuduhan Ahok


JAKARTA. Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Ika Lestari Aji, mengaku ia sebenarnya tak tahu-menahu soal permasalahan pembelian lahan di Cengkareng Barat, Jakarta Barat.

Ia sebelumnya bekerja di Dinas Sosial sebagai Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara. Dengan latar belakang seperti itu, ia mengaku bahwa dirinya menyerahkan seluruh proses pembelian lahan kepada anak-anak buahnya yang lebih ahli.

Untuk pembelian lahan di Cengkareng Barat itu pun Ika menyerahkan urusan tersebut kepada mantan Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta, Sukmana.

"Ibu juga dari Dinas Sosial, permasalahan tanah tidak terlalu pandai. Jadi memang (kepada) bidang yang meng-handle semua itu, dan saya cuma bagian akhir saja saat pembayaran, laporkan," kata Ika, saat dihubungi wartawan, Kamis (30/6).

"Kemarin juga saat pemeriksaan, Ibu juga tidak bisa menjawab pertanyaan apa pun. Jujur, Ibu tidak tahu. Karena memang (yang mengikuti) dari proses awal sampai akhir itu adalah kepala bidang," kata Ika.

Saat ini, Ika hanya bisa pasrah. "Ibu hanya bisa berserah kepada yang Kuasa. Karena Ibu juga yakin sekali Ibu tidak terima uang dari penjualan tanah itu sepersen pun," kata Ika.

Pengadaan lahan untuk pembangunan Rumah Susun Cengkareng Barat merupakan salah satu temuan yang tercantum dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK 2016 atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI tahun 2015. Ada indikasi kerugian negara sebesar Rp 648 miliar dalam transaksi itu.

Soalnya, dalam temuan BPK itu, lahan tersebut sesungguhnya masih milik Pemprov DKI. Jadi DKI mengeluarkan dana Rp 648 miliar untuk membeli lahan yang sebenarnya miliknya sendiri. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru