KAI Lakukan Berbagai Persiapan Jelang Pengoperasian LRT Jabodebek

Jumat, 11 Agustus 2023 | 18:56 WIB   Reporter: Vina Elvira
KAI Lakukan Berbagai Persiapan Jelang Pengoperasian LRT Jabodebek

ILUSTRASI. Progres capai 98,26%, KAI terus lakukan Berbagai Persiapan jerang pengoperasian LRT Jabodebek. Foto: KONTAN/Fransiskus Simbolon


LRT - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan persiapan di berbagai sisi untuk memastikan operasional LRT Jabodebek dapat berjalan dengan baik. Sesuai dengan arahan pemerintah, LRT Jabodebek rencananya akan diresmikan dan mulai beroperasi untuk publik pada 26 Agustus 2023.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan bahwa seluruh operasi LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis tanpa masinis, menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Sistem yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. 

“Ini terus kami lakukan penyempurnaannya agar saat melayani pelanggan dapat beroperasi dengan lancar, selamat, dan nyaman,” ungkap Didiek, dalam siaran pers yang dikutip Jumat (11/8). 

Baca Juga: Jokowi Targetkan LRT Jabodebek Beroperasi Akhir Bulan Ini

Dia melanjutkan, proyek LRT Jabodebek merupakan proyek strategis nasional pemerintah yang dikerjakan oleh anak bangsa dan menjadi kebanggaan kita bersama. 

Kolaborasi dilakukan dengan berbagai pihak dari INKA sebagai penyedia sarana, LEN sebagai penyedia sistem persinyalan, Adhi Karya sebagai kontraktor, dan pemda-pemda terkait yang mensupport integrasi angkutan moda. 

Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan melalui kerja sama berbagai pihak yang solid untuk menghadapi dinamika dan berbagai tantangan yang ada. Sehingga akan dapat mengejar penyelesaian proyek dengan progres saat ini telah mencapai 98,26%.

Adapun, pelaksanaan pengujian terus dilakukan untuk memastikan integrasi antara sistem, persinyalan, kelistrikan, prasarana, kereta, dan komponen pendukung lainnya berjalan dengan baik. 

Baca Juga: Semester I 2023, Angkutan Batubara KAI Capai 25 Juta Ton

Sehubungan dengan kompleksitas pengujian, maka diperlukan penyesuaian dan percobaan secara kontinu. Sehingga mencapai kondisi optimal untuk menjamin aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga LRT sebentar lagi akan kita rasakan bersama pelayanannya. Kami juga memohon dukungan seluruh kalangan masyarakat agar ketika beroperasi nanti, mampu memberikan pelayanan terbaik serta berkontribusi terhadap pengurangan kemacetan di ibukota,” tutup Didiek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru