Kampanye di Balikpapan, Jokowi Singgung Proyek jalan tol yang mangkrak Era SBY

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:01 WIB Sumber: Kompas.com
Kampanye di Balikpapan, Jokowi Singgung Proyek jalan tol yang mangkrak Era SBY


PEMILU 2019 - JAKARTA. Calon presiden petahana Joko Widodo menyinggung proyek tol Balikpapan- Samarinda saat pidato di kampanye terbuka di Gedung Dome, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Jalan tol Samarinda-Balikpapan memang belum selesai. Saya tahu, saya ikuti itu. Tinggal 20% saja," ujar dia, Kamis (28/3). Ia pun memastikan, proyek tol yang pada awalnya diresmikan pembangunannya oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono tersebut akan rampung akhir 2019 ini.

"Akan kita selesaikan akhir-akhir tahun ini. Insya Allah Balikpapan-Samarinda yang jaraknya 99 kilometer dan biasanya itu ditempuh 3 jam, akan ditempuh ya maksimal 1 jam," ujar Jokowi. 

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah belum selesai sampai di jalur tol itu saja. Pemerintah berencana akan meneruskan pembangunan tol itu sampai ke Bontang. 

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, dalam siaran pers resminya menambahkan, pembangunan jalan tol itu diyakini membuat distribusi orang maupun barang di Kalimantan akan semakin lancar.

"Masyarakat bisa memanfaatkan untuk transportasi orang maupun logistik yang lebih efisien, dengan demikian ekonomi di Kalimantan akan meningkat," ujar Erick.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki panjang 99 kilometer dan terdiri dari 5 seksi. Kemajuan pekerjaan telah mencapai 85,7% per 17 Februari 2019. Proyek ini dimulai pada 2010. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan dimulainya pembangunan. 

Namun, pada 2012 proyek ini terhenti lantaran masalah pendanaan dan harga lahan semakin mahal. Proyek ini pun dilanjutkan November 2015. Jokowi meninjau langsung Maret 2016. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kampanye Terbuka di Balikpapan, Jokowi Singgung Proyek Mangkrak di Era SBY"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru