Kapal pengangkut 5 ton BBM terbakar di Sula Malut

Jumat, 20 Mei 2016 | 08:31 WIB Sumber: Kompas.com
Kapal pengangkut 5 ton BBM terbakar di Sula Malut


TENATE. Sebuah kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) terbakar di Pelabuhan Feri Desa Pohea Waikalopa Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kamis (19/5).

Kapal KM Awan Dina dengan mesin berkapasitas 45 GT tersebut mengangkut 5 ton BMM jenis premium dengan 6 Anak Buah Kapal (ABK).

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBD Hendri Badar saat dihubungi Kompas.com menjelaskan, kebakaran itu berlangsung pukul 09.45 WIT. Saat itu kapal baru saja memuat BBM, tak lama salah satu ABK menutup seluruh drum yang baru saja diisi dengan premium. Sementara itu ABK lainnya menghidupkan mesin lampu.

“Saat mesin dihidupkan itu tiba-tiba ada percikan api lalu terjadi ledakan hingga menyebabkan kebakaran,” kata Hendri Badar.

Pemerintah kabupaten setempat ikut mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api dari areal pelabuhan.

Akibat peristiwa ini, setidaknya 4 ABK diantaranya Muhlis Wowor (35), Beninifus (39), Yusuf Sohilaif (42), dan Sukarman Yoisangadji (23) mengalami luka bakar dan terkena benturan saat mencoba menyelamatkan diri.

Saat ini para korban sementara dirawat di RSUD Sanana. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun dugaan sementara karena kelalaian ABK yang tidak berhati-hati ketika menghidupkan mesin genset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru