Karawang masih siaga bencana banjir

Jumat, 18 November 2016 | 22:15 WIB Sumber: Antara
Karawang masih siaga bencana banjir


KARAWANG. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masih siaga bencana meski banjir yang melanda sejumlah titik di sekitar daerah itu mulai surut.

Kepala BPBD Kabupaten Karawang, Asip Suhendar mengatakan, hujan diprediksi masih terus turun hingga tiga bulan ke depan. "BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi antara Desember-Januari. Kami mewaspadai ancaman banjir di puncak musim hujan itu," katanya, Jumat (18/11).

Selama status siaga bencana, jajaran BPBD Karawang mewaspadai kemungkinan terjadinya limpasan sungai-sungai besar yang ada di Karawang. Ia juga mengklaim mengoptimalkan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti ke Perusahaan Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur, pengelola Waduk Saguling dan Cirata, serta berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya.

Asip juga meminta masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan banjir tetap waspada. Sebab saat ini kondisi tinggi muka air sungai Citarum dan Cibeet masih cukup tinggi. Selain mewaspadai bencana banjir, BPBD Karawang juga mengingatkan masyarakat mewaspadai angin kencang atau angin puting beliung.

(M. Ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru