Kebakaran melanda Gunung Panderman di Kota Batu, petugas data pendaki

Senin, 22 Juli 2019 | 07:44 WIB Sumber: Kompas.com
Kebakaran melanda Gunung Panderman di Kota Batu, petugas data pendaki


KEBAKARAN - MALANG. Hutan di lereng Gunung Panderman, Kota Batu, terbakar pada Minggu (21/7/2019) malam. Petugas masih mendata pendaki yang sedang berada di gunung setinggi 2.045 meter dari permukaan laut (mdpl) itu.

"Untuk saat ini TRC PB BPBD sedang melakukan pendataan pendaki Gunung Panderman di lokasi pos pantau Gunung Panderman serta melakukan kaji cepat dan koordinasi penanganan darurat," kata Kepala Seksi Penanggulanan Bencana Pusdalops pada BPBD Kota Batu Abdul Rochim, Minggu malam.

Baca Juga: Sebanyak 59 feeder Transjakarta dikandangkan pascakebakaran satu unit di Jaktim

Menurut Rochim, titik api mulai terlihat pada pukul 19.45 WIB. Api terus membesar membakar hutan lereng Gunung Panderman. Personil BPBD Kota Batu, pihak Perhutani, TNI-Polri, LMDH serta sejumlah ormas dan relawan sedang melakukan koordinasi untuk melakukan pemadaman.

"Semua masih bergerak menuju lokasi titik kumpul di Toyomerto, Desa Pesanggrahan. Nantinya setiba di lokasi titik kumpul akan dilakukan koordinasi dan kaji cepat untuk menentukan rencana operasi pemadaman," kata Rochim.

Baca Juga: Truk BBM Pertamina tabrakan dan terjadi kebakaran hebat, tiga orang tewas

Hingga saat ini belum diketahui luasan area yang sudah terbakar. Belum diketahui juga kondisi pendaki yang sedang berada di gunung tersebut. "Untuk informasi selanjutnya akan kami update setelah ada informasi selanjutnya dari tim kami di lokasi," kata Rochim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Panderman di Kota Batu Terbakar, Petugas Data Pendaki"

Penulis : Kontributor Malang, Andi Hartik. Editor : Bayu Galih

Baca Juga: BNPB: Lebih dari 1.900 desa di tujuh provinsi terdampak kekeringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru