Kemenparekraf gandeng MNC Peduli hadirkan sentra vaksinasi di Jakarta

Jumat, 23 Juli 2021 | 16:23 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Kemenparekraf gandeng MNC Peduli hadirkan sentra vaksinasi di Jakarta

ILUSTRASI. Sebuah vaksin COVID-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka mendukung upaya percepatan distribusi vaksin dan pemenuhan target penerima vaksin secara nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggandeng MNC Peduli, Doktora Clinic, Traveloka, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center untuk menghadirkan layanan Sentra Vaksinasi COVID-19 yang berlokasi di Kawasan MNC Center di Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan juga di Kawasan MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Layanan vaksinasi ini resmi beroperasi tanggal 23-27 Juli 2021 pukul 08.00-15.00 WIB untuk vaksinasi dosis pertama dan 20-24 Agustus 2021 untuk vaksinasi dosis kedua. Masyarakat umum, termasuk lansia, dapat mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin di Sentra Vaksinasi ini dengan menunjukkan kartu identitas resmi tanpa syarat domisili.

Menargetkan total 6.000 penerima vaksin untuk dosis pertama selama periode pelaksanaan, inisiatif ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dengan pihak swasta (public private partnership/PPP) dalam mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok yang saat ini terus menjadi fokus pemerintah sebagai kunci untuk dapat keluar dari pandemi COVID-19.

Baca Juga: Teknologi plasmacluster disebut efektif kurangi penyebaran Covid-19 melalui droplet

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan vaksinasi merupakan salah satu bentuk upaya untuk dapat menangani pandemi COVID-19. "Untuk itu, pemerintah menggandeng berbagai pihak dan melakukan kolaborasi lintas sektor guna mempercepat distribusi vaksin di tanah air serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi," kata dia dalam keterangannya, Jumat (23/7).

Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengatakan pihaknya sangat senang bisa berpartisipasi aktif dalam membantu pemerintah untuk memperluas cakupan vaksin nasional yang merupakan langkah nyata dalam penanganan COVID-19. "Dukungan dari MNC Peduli berupa lokasi pelaksanaan Sentra Vaksinasi di dua lokasi diharapkan dapat menjangkau semakin banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksinasi," ujar dia.

Memanfaatkan teknologi yang dikembangkan oleh Traveloka, masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Traveloka dengan memilih produk Traveloka Xperience, kemudian dapat memilih tanggal dan jam kedatangan yang tersedia. Sistem pemesanan yang tersedia di aplikasi Traveloka membantu sistem penjadwalan yang lebih teratur agar pelaksanaan vaksinasi berlangsung dengan tertib dan lancar.

Baca Juga: Waspada, 4 gejala Virus Corona ini dapat Anda alami

Co-Founder, Traveloka, Albert mengungkapkan bahwa layanan Sentra Vaksinasi ini merupakan bagian dari gerakan #JalanBersama Lawan COVID-19 yang diinisiasi oleh Traveloka, di mana sebelumnya Traveloka juga aktif menghadirkan Sentra Vaksinasi di Yogyakarta, Tangerang Selatan, dan juga di Bandara Soekarno-Hatta. 

Sementara Drg. Fransisca Tobing, CEO Doktora Clinic mengatakan sebagai salah satu fasilitas kesehatan resmi yang ditunjuk pemerintah untuk melayani vaksinasi COVID-19, pihaknya siap mendukung upaya pemerintah dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak swasta yang turut berpartisipasi dalam pengadaan Sentra Vaksinasi ini. 

Selanjutnya: Kemenkes bagi tips bagi orang yang berisiko komorbid agar tak tertular Covid-19

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru