Peristiwa

Kementan Gelar Forum Stakeholder untuk Dukung Petani Muda Pacitan

Kamis, 10 Oktober 2024 | 22:10 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Gelar Forum Stakeholder untuk Dukung Petani Muda Pacitan

Peserta dibagi ke dalam beberapa sesi diskusi, yang membahas berbagai isu strategis, termasuk pengembangan ekonomi lokal, peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan sumber daya alam.


PERTANIAN - JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) mengadakan Pra District Multi Stakeholders (PDMS) Forum di Pacitan, Jawa Timur, pada Rabu (9/10). 

Acara ini dihadiri oleh sejumlah kepala desa, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan pihak terkait lainnya.

Forum ini diselenggarakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, selaku pelaksana Program YESS di Jawa Timur. Tujuannya adalah memberikan akses bagi petani muda terhadap pelatihan, teknologi, modal, serta pengolahan dan pemasaran produk pertanian.

Baca Juga: Pemerintah Gandeng FAO Lakukan Upaya Regenerasi Petani

Kabid Perekonomian Bappeda Pacitan, Gus Mida, mengapresiasi inisiatif ini, yang dinilai penting untuk meningkatkan keterampilan petani muda. 

Program YESS dianggap sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, dalam memberdayakan petani muda.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, menegaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara petani muda dan dunia usaha, "sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan industri pertanian," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (10/10).

Harwanto, mewakili Project Manager YESS Jatim, menjelaskan bahwa terdapat 48 fasilitator dan 5 mobilizer yang mendampingi 15.222 penerima manfaat Program YESS di Pacitan. 

Baca Juga: Kementan Gandeng Pemda Dorong Perluasan Areal Tanam Padi di Kalimantan Selatan

Dari jumlah tersebut, 56% adalah pria dan 44% perempuan. Sebanyak 200 penerima manfaat telah mengajukan Hibah Kompetitif dengan dana Rp7 miliar untuk komoditas seperti kakao, kambing, dan padi.

Kegiatan ini ditutup dengan kesepakatan antar-stakeholder untuk mendukung Rencana Aksi, dengan harapan bahwa hasil forum ini dapat menjadi landasan bagi kebijakan yang lebih efektif di Pacitan.

Selanjutnya: Aneka Tambang (ANTM) Kawal Proyek-Proyek Hilirisasi

Menarik Dibaca: Film Tebusan Dosa Siap Hantui Bioskop Indonesia 17 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru