Kementan Melalui Polbangtan Malang Siap Cetak Ratusan Wirausahawan Muda Pertanian

Jumat, 09 September 2022 | 19:47 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Melalui Polbangtan Malang Siap Cetak Ratusan Wirausahawan Muda Pertanian

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dalam arahannya pada kelompok mahasiswa yang mengikuti PWMP YESS


PERTANIAN -  JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Malang terus berinovasi mencetak lulusan yang mampu menjadi wirausahawan pertanian.

Sejalan visi  Polbangtan Malang menyiapkan SDM Pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa wirausaha.

Polbangtan Malang bekerja sama dengan International Fund fo Agriculture Development (IFAD) melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) siap mencetak lulusan yang mampu berwirausaha khususnya di bidang pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menegaskan pihaknya akan terus berkomitmen dalam menjaga ketahanan pangan, salah satunya melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Baca Juga: Harga Ayam Hidup Anjlok, Peternak Desak Pemerintah Turun Tangan

Menurut Mentan, hal itu ukanlah sesuatu yang mustahil. Pasalnya, kaum milenial mulai sadar bahwa pertanian adalah 'tambang emas' tanpa batas jangka panjang.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan Program PWMP dari YESS menjadi salah satu program utama BPPSDMP Kementan untuk menjaga swasembada pangan melalui regenerasi petani.

“Pengusaha pertanian milenial diharapkan mampu menjadi resonansi tenaga muda di sekitarnya untuk menjadi SDM pertanian unggulan yang mampu menggenjot pembangunan pertanian menjadi pertanian maju, mandiri, dan modern,” katanya dalam siaran pers, Jumat (9/9).

Baca Juga: Cegah Inflasi, Kemendag Diingatkan Tidak Terlambat Buka Keran Impor Bawang Putih

Direktur Polbangtan Malang,  Setya Budhi Udrayana mengatakan bahwa mahasiswa akan mendapat bimbingan operasional bisnis dan pendanaan usaha, untuk mendukung pengembangan bisnis. 

“Sesuai arahan Kepala BPPSDMP, semua alumni Polbangtan dan SMKPP binaan Kementan harus qualified, memiliki nilai lebih sebagai job creator maupun job seeker bidang pertanian," kata Setya BU yang akrab disapa Uud.

Menurutnya, PWMP YESS diawali dengan penjaringan minat mahasiswa, selanjutnya mahasiswa diberi pembekalan mengenai pembuatan proposal bisnis yang layak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru