Kementerian PUPR Sudah Tuntaskan Pembangunan 87 Proyek Strategis Nasional

Kamis, 27 Juli 2023 | 05:31 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Kementerian PUPR Sudah Tuntaskan Pembangunan 87 Proyek Strategis Nasional

ILUSTRASI. Kementerian PUPR melaporkan telah menyelesaikan sebanyak 87 Proyek Strategis Nasional (PSN)


PROYEK STRATEGIS NASIONAL - JAKARTA. Pemerintah terus menggeber penyelesaian proyek strategis nasional (PSN). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan telah menyelesaikan sebanyak 87 PSN atau 70% dari 125 PSN yang ditugaskan di Kementerian PUPR.

"Hingga Juli 2023, Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan 87 PSN, 70% dari penugasan," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam paparanya di acara Sewindu PSN di Jakarta, Rabu (26/7).

Ia merinci, dari 87 proyek yang sudah rampung itu diantaranya 36 bendungan, 2 irigasi, 27 jalan tol, 4 jalan non tol, 3 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional, 7 proyek perumahan, 7 pintu lintas batas negara dan 1 gedung pendidikan.

Baca Juga: Menteri PUPR Minta Dispensasi Beberapa PSN Kelar Akhir Tahun 2024

Tahun ini, Kementerian PUPR  akan ada 24 PSN yang bisa rampung. Adapun 24 PSN yang diatrgetkan rampung tahun ini diantaranya 15 bendungan, 5 jalan tol, 2 proyek perumahan, 1 irigasi, 1 pengembangan kawasan industri.

"Tujuanya untukmeningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," kata Basuki.

Asal tahu saja, Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk menyelesaikan 125 PSN diantaranya 51 ruas jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, 2 perumahan, 1 tanggul pantai, Indonesia International Islamic University, dan kawasan industri Batang.

Selain itu, Kementerian PUPR juga ditugasi untuk mendukung 6 program PSN di perbatasan yaitu food estate, perbatasan, akses tol exit, pembangunan daerah, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan zona ekonomi spesial.

Baca Juga: Soal 58 Proyek Strategis yang Belum Digarap, Begini Kata Menko Airlangga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru