Kemhub kaji sistem ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek

Selasa, 30 Januari 2018 | 17:15 WIB   Reporter: Anggar Septiadi
Kemhub kaji sistem ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek

ILUSTRASI. Kepadatan Gerbang Tol Cikarang Utama


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Berupaya mengurangi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Kementerian Perhubungan (Kemhub) berencana menerapkan sistem ganjil-genap bagi kendaraan pribadi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Budi Setiyadi menyebutkan, Kemhub sedang merampungkan kajian penerapan sistem tersebut, hingga akhirnya akan dibuat regulasi terkait.

"Kami masih membahas dan matangkan terus konsepnya, nanti ganjil genap akan masuk ke peraturan menteri, tapi untuk Jakarta-Cikampek saja, untuk kendaraan pribadi," katanya seusai rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Selasa (30/1).

Budi menambahkan, Kemhub menargetkan akan menerbitkan regulasi tersebut dalam seminggu ke depan. Sebab kata Budi, kondisi kemacetan Tol Jakarta-Cikampek sudah sedemikian parah. Lagipula regulasi juga akan berguna untuk mempersiapkan arus mudik Lebaran mendatang.

Sementara itu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, selain sistem ganjil-genap ada beberapa opsi lainnya yang juga sedang dikaji pemerintah.

Misalnya melalui penjadwalan angkutan barang besar, jalur khusus angkutan penumpang besar, hingga pembatasan muatan barang yang diangkut dan dimensi kendaraan.

"Intinya semua diujicoba dalam konteks pengaturan jadi semua harus diatur. Termasuk ganjil genap," kata Heri dalam kesempatan yang sama.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru