CLOSE [X]

Ketum AMSI Wens Manggut: Keyword yang Powerfull adalah Digital Harus Kolaborasi

Rabu, 03 Agustus 2022 | 18:20 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Ketum AMSI Wens Manggut: Keyword yang Powerfull adalah Digital Harus Kolaborasi

Ketum AMSI Wens Manggut, Ketua AMSI DKI Jakarta Ricando Somba, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpose bersama usai pelantikan Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024. (Foto: Dok./AMSI)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut melantik Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024.

Pelantikan Pengurus AMSI DKI Jakarta tersebut disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta, 3 Agustus 2022.

Jajaran Pengurus AMSI DKI Jakarta yang dilantik antara lain Rikando Somba (Validnews) sebagai Ketua AMSI DKI Jakarta, Yulis Sulistyawan (Tribunnews) sebagai Sekjen AMSI DKI Jakarta, Hadi Suprapto (Hops.id) sebagai Bendahara, dan Ramadhian Fadillah (Merdeka.com) sebagai Wakil Ketua, TB Guritno (Tabloidbintang.com).

Adapun Heru Margono (Kompas.com) sebagai Bidang Organisasi dan Keanggotaan AMSI DKI Jakarta, Rusman (Jurnas.com) sebagai Bidang Dana dan Usaha, Fathan Qorib (Hukumonline.com), Rizal Malik (Akurat.co) sebagai Hubungan Antar Lembaga dan Advokasi serta Gaib Maruto (mnctrijaya.com) sebagai Bidang Pendidikan dan Pelatihan AMSI DKI Jakarta.

Baca Juga: Erick Thohir Singgung Masih Ada Subsidi BBM dan Listrik Belum Tepat Sasaran

Dalam kesempatan yang sama, juga dilantik Koordinator Daerah Machroni Kusuma, Badan Pertimbangan dan Penasehat Organisasi AMSI DKI Jakarta Muhammad Teguh, Inaya Rakhmani dan Jimmy Silalahi.

Pada kesempatan yang sama juga dilantik Majelis Etik AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024 antara lain Maryadie (katadata.co.id), Maria Benyamin (bisnis.com), dan Irna Gustiawati (liputan6.com).

Dalam sambutan pada acara Pelantikan Pengurus tersebut Wenseslaus berharap AMSI DKI Jakarta memberikan semangat baru dan menjadi inisiator untuk berkolaborasi dengan sejumlah stakeholder di era digital ini.

“Pahami betul keyword yang powerfull, bahwa digital itu harus kolaborasi. Dengan kolaborasi segala hal bisa dimudahkan,” pesannya.

Hal senada juga diutarakan Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Anies berharap, pengurus AMSI DKI Jakarta yang baru saja dilantik dapat menjalankan amanat dengan baik.

Apalagi, media siber dewasa ini masuk dalam era demokrasi yang ditopang dengan kepercayaan atau trust yang baik.

Untuk itu, AMSI DKI Jakarta berperan agar masyarakat dapat memberikan kepercayaan mereka dengan mengedepankan objektivitas, transparansi dan akurasi dalam menjalankan fungsinya sebagai media.

“Trust harus menebar atau menguat. Ini pekerjaan rumah besar bagi pengurus AMSI DKI Jakarta agar kepercayaan semakin menguat di Indonesia,” katanya.

Baca Juga: AMSI Gelar Pelatihan Penguatan Manajemen dan Bisnis Media Online

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando turut mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus AMSI DKI Jakarta.

Perpusnas, lanjut Syarif siap membantu dan berkolaborasi dengan AMSI DKI Jakarta dalam membangun trust yang lebih baik lagi dari masyarakat luas. 

“Tidak berlebihan Perpusnas sebagai benteng anti hoaks. Menjadi tantangan bagi pengurus agar bisa manfaatkan pesan gubernur bagaimana trust, akurasi, akuntabilitas dibangun Bersama,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, selain acara pelantikan juga diselenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara AMSI DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI Jakarta dan Panglima Komando Daerah Militer Jaya berkaitan dengan koordinasi dan kerja sama penanganan kejahatan siber di Ibukota.

Kajati DKI Jakarta Reda Manthovani menyatakan siap berkolaborasi dengan AMSI DKI Jakarta dalam memberantas kejahatan siber. Saya ucapkan selamat kepada pengurus AMSI DKI Jakarta yang baru dilantik, mudah-mudahan bisa bersinergi dan bekerja sama dalam memajukan di wilayah DKI Jakarta,” katanya. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan yang mewakili Kapolda Metro Jaya mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dan bekerja sama dengan AMSI DKI Jakarta dalam memberantas kejahatan siber. “Perkembangan zaman tidak bisa dipungkiri, karena kejahatan ini muncul seiring adanya kemajuan teknologi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru