Khofifah menyebut 6 kecamatan di 3 kabupaten di Jatim terdampak parah gempa Malang

Sabtu, 10 April 2021 | 22:17 WIB Sumber: Kompas.com
Khofifah menyebut 6 kecamatan di 3 kabupaten di Jatim terdampak parah gempa Malang

ILUSTRASI. Enam kecamatan di tiga kabupaten di Jawa Timur terdampak parah gempa magnitudo 6,7 pada Sabtu (10/4) siang.

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut enam kecamatan di tiga kabupaten di Jawa Timur terdampak parah gempa magnitudo 6,7 pada Sabtu (10/4) siang. Selain di Kabupaten Malang, juga Lumajang dan Kabupaten Blitar.

"Catatan sementara ada 6 kecamatan yang terdampak parah dari gempa siang tadi. Selain di Malang, juga di Lumajang dan Kabupaten Blitar," kata Khofifah Sabtu malam di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Di Kabupaten Malang, kata Khofifah, dampak paling parah terjadi di Kecamatan Dampit dan Kecamatan Jabung. Di Kabupaten Lumajang terdapat di Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pronojiwo. Sementara di Kabupaten Blitar terdapat di Kecamatan Wates dan Kecamatan Binangun.

Dari laporan yang masuk hingga pukul 16.30 WIB, tidak hanya rumah warga dan fasilitas pendidikan. Di Malang dan Blitar juga ada fasilitas kesehatan yang terdampak parah. "Seperti RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar serta Puskesmas Turen yang terdampak cukup berat," terang dia.

Baca Juga: Pertamina menjamin pasokan kebutuhan energi di Malang aman pascagempa

Khofifah juga menerima laporan ada juga warga yang meninggal dunia dari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang maupun Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang karena tertimpa longsoran saat gempa terjadi. Tim BPBD Kabupaten Kota dan juga dari BPBD Provinsi Jatim kata Khofifah sudah turun ke titik-titik yang membutuhkan reaksi tanggap kebencanaan dan evakuasi.

"Kami sudah mengirimkan tim untuk turun langsung ke titik-titik yang mengalami dampak parah. Lokasi pengungsian juga akan disiapkan jika dibutuhkan," jelasnya. Khofifah juga meminta warga Jatim waspada terhadap potensi gempa susulan yang dimungkinkan akan terjadi. "Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, namun jangan takut berlebihan sebagai antisipasi gempa susulan," ucap dia.

Baca Juga: Di Kabupaten Malang, 1 tewas dan 2 luka berat akibat gempa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Pusat gempa yang berada di lepas pantai memiliki kedalaman 25 kilometer.

Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa ini juga dilaporkan terasa di Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Turen, dan Banjarnegara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Khofifah Sebut 6 Kecamatan di 3 Kabupaten di Jatim Terdampak Parah Gempa Malang.
Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor: Khairina

Baca Juga: Dampak gempa Malang di Blitar, 11 luka-luka dan 202 bangunan rusak

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru