Jakarta. PT KRL Commuter Jabodetabek menyediakan fasilitas kursi roda bagi penyandang disabilitas yang akan bepergian naik KRL.
Fasilitas ini tersedia paling sedikit satu kursi roda di setiap stasiun KRL Commuter di seluruh Jabodetabek.
"Di setiap stasiun, kita sediakan satu kursi roda. Tapi, untuk di stasiun yang besar, seperti Manggarai, Bogor, Jakarta Kota, ada cadangan kursi roda, jadi bisa ada dua buah," kata Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa, Jumat (19/2/2016) siang.
Menurut Eva, jumlah kursi roda yang disediakan di masing-masing stasiun akan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa KRL.
Satu kursi roda di satu stasiun kecil dirasa sudah cukup.
Hanya dengan meminta kepada petugas setempat, fasilitas kursi roda tersebut bisa langsung digunakan.
Selain kursi roda, PT KCJ juga memasang fasilitas ramp dan gate manual di 21 stasiun KRL Jabodetabek.
Hal itu dilakukan untuk mempermudah penyandang disabilitas pengguna jasa KRL selama berada di area stasiun maupun untuk keluar dari atau masuk ke sana.
Fasilitas tambahan lainnya adalah adanya Papan Informasi KRL (PIK) yang sudah terpasang di 38 stasiun.
PIK akan menampilkan informasi seputar posisi KRL sehingga pengguna dapat memastikan tujuan akhir keretanya.
"Informasi visual saat ini tersedia bagi penyandang disabilitas di dalam KRL. Pengguna akan mudah menemukan informasi melalui layar Sistem Informasi Penumpang (SIP) serta papan-papan petunjuk," tutur Eva.
Adapun pengumuman juga disampaikan melalui informasi audio yang tersedia di dalam stasiun maupun di dalam KRL berupa pengumuman.
Pengumuman disampaikan oleh petugas yang ada di KRL dan juga melalui GPS otomatis.
(Andri Donnal Putera)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News