Lebaran 2021, Gubernur DKI Anies Baswedan pilih salat id di rumah pribadi

Kamis, 13 Mei 2021 | 08:38 WIB Sumber: Tribunjakarta.com
Lebaran 2021, Gubernur DKI Anies Baswedan pilih salat id di rumah pribadi

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan Salat Idul Fitri di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan Anies mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir di ibu kota.

"Pak Anies salat di rumah sesuai protokol kesehatan," kata seorang pegawai Pemprov DKI, Kamis (13/5).

Sebelum masa pandemi Covid-19, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu biasanya melaksanakan Salat id di Balai Kota Jakarta bersama jajarannya.

Namun, pelaksanaan Salat id di Balai Kota sudah ditiadakan sejak Lebaran tahun lalu. "Tahun ini enggak ada salat di Balai Kota," kata dia saat dikonfirmasi.

Orang nomor satu di DKI ini belakangan memang gencar mengimbau warganya untuk menggelar salat id di rumah masing-masing.

Kalau pun ingin salat berjemaah, Anies menganjurkan agar melakukannya di masjid dekat rumah. Imbauan ini disampaikan Anies untuk mengantisipasi penularan Covid-19 saat Lebaran 2021.

Baca Juga: Gubernur Anies: Malam takbiran di DKI berjalan aman dan tanpa kerumunan

"Salat Idul Fitri kami menganjurkan untuk dilakukan di dalam rumah atau di halaman rumah," jelas Anies, Selasa (11/5).

Bagi para pengurus masjid, Anies pun berpesan agar menjaga protokol kesehatan selama Salat id digelar. Ia pun menganjurkan agar Salat Idul Fitri dilakukan di lapangan terbuka.

"Bila memungkinkan lakukanlah di lapangan, bila di dalam masjid pastikan ketentuan 50% dan menggunakan masker untuk semua yang masuk ke dalam masjid atau yang ikut," ujarnya di Balai Kota Jakarta.

Tak lupa, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengingatkan warganya untuk tidak ikut id di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya.

Pasalnya, hal ini justru bakal menyulitkan petugas kesehatan melakukan tracing bila menemukan adanya kasus positif Covid-19.

"Anjuran kami adalah untuk masyarakat salat di masjid di sekitar rumahnya, jangan di masjid yang jauh-jauh," pungkas Anies. (Dionisius Arya Bima Suci)


Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul "Sesuai Protokol Kesehatan, Gubernur Anies Baswean Laksanakan Salat Idul Fitri di Rumah Pribadi."

 

Selanjutnya: Presiden Jokowi salat id di Istana Bogor

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru