Libur akhir tahun, ada 1,02 juta penumpang tiba dan berangkat dari Soekarno-Hatta

Senin, 04 Januari 2021 | 11:11 WIB Sumber: Kompas.com
Libur akhir tahun, ada 1,02 juta penumpang tiba dan berangkat dari Soekarno-Hatta

ILUSTRASI. Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.


LIBUR PANJANG - TANGERANG. Total penumpang pesawat yang berangkat serta  tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mencapai 1,02 juta orang. Angka itu berdasarkan data pihak Bandara Soekarno-Hatta mulai tanggal 18 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. 

Total jumlah pesawat yang berangkat dan tiba di Soekarno-Hatta pada periode yang sama tercatat 12.590 pesawat. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menegaskan, pergerakan penumpang pesawat maupun pesawat selama libur panjang kemarin berjalan lancar.

“Kami terus memantau perkembangan terkini dan melakukan sejumlah antisipasi serta perbaikan untuk mendukung berjalannya penerbangan dengan baik,” kata Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/1). 

Sebanyak 80.000 penumpang pesawat berangkat dan mendarat di Soekarno-Hatta pada puncak arus balik libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 pada Minggu kemarin. 
Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, kemarin merupakan puncak arus balik dari libur panjang itu. Jumlah pergerakan penumpang pesawat di Soekarno-Hatta mencapai 80.000 orang dengan total 850 penerbangan. 

Baca Juga: Tak ada tawar menawar, WNA yang masuk ke Tanah Air harus terbang lagi ke luar RI

“Pada puncak arus balik ini diperkirakan Bandara Soekarno-Hatta melayani 80.000 orang penumpang pesawat. Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses keberangkatan dan kedatangan berjalan lancar,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Minggu sore. 

"Misalnya dengan mengoordinasikan lokasi parkir pesawat, aktivitas pihak ground handling, alur kedatangan penumpang, termasuk terkait pemeriksaan eHAC. Penumpang diimbau (untuk) mengisi formulir eHAC di bandara keberangkatan,” tambah Agus. 

Pada Minggu siang di Gerbang 2E Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, puluhan penumpang tiba setelah berlibur. 

Seorang penumpang, Hendrico Nober Karaban mengatakan, dia baru tiba dari Ambon. Ia berlibur bersama keluarganya. "Ya, saya emang habis liburan sama keluarga di sana," kata pria 40 tahun ini kemarin. 

Hendrico memutuskan kembali ke Jakarta hari Minggu karena mulai bekerja lagi pada Senin ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "1,02 Juta Penumpang Tiba dan Berangkat dari Soekarno-Hatta Selama Libur Akhir Tahun"

Penulis : Muhammad Naufal
Editor : Egidius Patnistik

Selanjutnya: Pelanggan AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta bisa rapid test antigen seharga Rp 95.000

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru