Jawa Tengah

Libur panjang akhir Oktober, enam kawasan wisata di Jateng dijaga ketat

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 21:48 WIB Sumber: Kompas.com
Libur panjang akhir Oktober, enam kawasan wisata di Jateng dijaga ketat

ILUSTRASI. Foto udara suasana wisata Telaga Warna di dataran tinggi Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2019).


KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Sebanyak enam lokasi wisata di Jawa Tengah akan disiapkan posko bergerak untuk mengantisipasi kepadatan wisatawan saat libur panjang akhir Oktober 2020. Lokasi wisata tersebut antara lain Tawangmangu, kawasan Bandungan dan Dusun Semilir di Kabupaten Semarang. 

Selanjutnya, obyek wisata Belik dan Owabong di Banyumas. Kemudian kawasan wisata Dieng di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara. Terakhir kawasan Gunung Sikunir dan Candi Arjuna. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan bersama Polda Jateng, petugas gabungan lintas sektor akan memantau sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan dipadati wisatawan. "Kami juga telah berkomunikasi dengan Kabupaten Wonosobo agar tak terjadi kecelakaan lagi seperti kemarin, bus besar kami suruh parkir di Terminal Mendolo saja. Karena pulang dari Dieng itu turunannya panjang, kalau tak terbiasa, penggunaan remnya tidak paham," kata Satriyo, Sabtu (24/10). 

Dishub Jawa Tengah memprediksi pergerakan pelancong akan dimulai pada 27 Oktober 2020. Sementara, pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada 28 Oktober dan 30 Oktober sebagai hari libur. 

Baca Juga: Batasi diri dan hindari kerumunan meski ada libur panjang

Dia menjelaskan secara nasional, pada 27 dan 28 Oktober 2020 kendaraan bersumbu lebih dari tiga dari arah barat Jateng dilarang masuk tol. "Mereka akan dibelokkan dari Cikarang Barat kemudian masuk lagi di Palimanan. Itu seharian penuh dilarang masuk," ucap dia. 

Hal sebaliknya berlaku pada tanggal 31 Oktober sampai 2 November 2020, kendaraan bersumbu lebih dari tiga akan diminta keluar dari Palimanan empat dan baru boleh masuk lagi di Tol Cikarang Barat. Selanjutnya, Dishub Jateng bersama Dinkes Jateng akan melakukan pemeriksaan secara acak yang dikonsentrasikan di Gerbang Tol Kalikangkung. 

"Kita ingin tahu kalau mobilitas tinggi tingkat sebaran Covid-19 akan semakin tinggi. Nanti juga di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu dan Borobudur akan ada Mobile PCR. Jadi boleh berwisata tapi disiplin penerapan protokol kesehatan," ujar dia. Apabila, ada pelanggaran terkait protokol kesehatan akan dikenakan sanksi sesuai Perda masing-masing wilayah di Jateng.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Libur Panjang Akhir Oktober, 6 Kawasan Wisata di Jateng Dijaga Ketat.
Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Tetap patuhi protokol kesehatan saat liburan dan pulang kampung di masa pandemi

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru