Long Weekend, Bakal Ada Rekayasa Lalu Lintas di Puncak dan Lembang

Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:30 WIB Sumber: Kompas.com
Long Weekend, Bakal Ada Rekayasa Lalu Lintas di Puncak dan Lembang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masa cuti bersama libur Lebaran 2022 baru saja berakhir. Namun, akhir pekan ini, masyarakat bakal menyambut kembali libur panjang untuk memperingati Hari Raya Waisak yang akan jatuh pada hari Senin (16/5/2022).

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kepolisian pun sudah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di beberapa kawasan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, arus lalu lintas di Jawa Barat pada akhir pekan ini diprediksi mengalamami kepadatan.

Ibrahim mengatakan, pihaknya bakal melakukan sejumlah tindakan yang disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di jalur wisata. Tindakan yang dimaksud berupa pengalihan arus lalu lintas hingga one way di Lembang, Bandung dan Puncak, Bogor.

“Jadi untuk skema arus di Lembang ini kan selalu situasional, kalau untuk kondisi normal masih dua arah, apabila padat maka akan ada one way dengan waktu sesuai kepadatan,” ucap Ibrahim, dilansir dari NTMC Polri (13/5/2022).

Baca Juga: KKN di Desa Penari Jadi Film Horor Indonesia Terlaris, Capai 4,5 Juta Penonton!

Sebagai informasi, Polda Jabar meningkatkan kegiatan patroli saat long weekend Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022), untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Atas atensi Kapolda, sudah dilakukan persiapan, sudah diberikan atensi kepada seluruh satuan wilayah untuk mempersiapkan kegiatan rutin yang ditingkatkan, polanya dengan melakukan patroli dan melakukan pengecekan terhadap potensi gangguan Kamtibmas,” ujar Ibrahim.

Selain melakukan patroli ke titik-titik yang dinilai rawan gangguan Kamtibmas, sambung Ibrahim, polisi juga akan melakukan pengecekan ke tempat wisata untuk dapat memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik.

Baca Juga: Semakin Waspada, Kasus Covid-19 di Indonesia Mulai Menanjak Lagi

Hal itu dilakukan mengingat situasi pandemi di Jabar yang masih berada dalam Level 2 sebaran corona.

“Tempat wisata juga dicek, dan berkoordinasi untuk tetap berlakukan Prokes, untuk pembatasan karena memang saat ini Level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan Level 2,” kata Ibrahim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Long Weekend, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Puncak dan Lembang"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru