Jawa Timur

Mal di Surabaya ini akan dijadikan rumah sakit darurat Covid-19

Rabu, 03 Februari 2021 | 14:25 WIB Sumber: Kompas.com
Mal di Surabaya ini akan dijadikan rumah sakit darurat Covid-19

ILUSTRASI. Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Siloam Hospital Group menyiapkan fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 di kompleks Mal City Of Tomorrow (Cito) Surabaya. Sebagian bangunan mal di perbatasan Surabaya-Sidoarjo, tepatnya di Bundaran Waru, itu akan disulap menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19. 

Di sana, akan dibuat ruang isolasi dan ruang perawatan untuk pasien Covid-19. "Untuk penyediaan fasilitas kesehatan yang memanfaatkan gedung Cito, kita masih menunggu izin sebagai rumah sakit darurat," kata Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat memantau kegiatan donor plasma konvalesen di komplek industri SIER Surabaya, Selasa (2/2/2021). 

Whisnu berharap izin rumah sakit darurat itu bisa terbit dalam beberapa hari ke depan. Sehingga, Mal Cito bisa beroperasi sebagai rumah sakit darurat. Selain warga Surabaya, rumah sakit darurat di Mal Cito itu juga bisa menampung pasien dari Sidoarjo karena berada di wilayah perbatasan. 

Baca Juga: Catat, cara ini bisa menurunkan risiko penularan virus corona

Terpisah, Direktur Siloam Hospital Group, Dr Anang Prayudi menyebut, pihaknya akan memanfaatkan tiga lantai di kompleks Mal Cito untuk kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). "Jumlah itu akan ditambah ketika ke depannya kebutuhan kamar untuk pasien Covid-19 masih dibutuhkan," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021). 

Saat ini, sudah disiapkan kamar dengan 105 tempat tidur ukuran single. "Kapasitas rumah sakit nantinya bisa dikembangkan sampai 186 unit. Termasuk juga delapan ICU yang kini sudah disiapkan bisa ditambah sampai 16 ICU," jelasnya. 

Sebanyak 20.002 kasus positif Covid-19 tercatat di Surabaya hingga Selasa (2/2/2021). Rinciannya, 18.444 pasien sembuh dan 1.297 orang meninggal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mal Cito Surabaya Akan Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19, Pemkot Tunggu Izin Terbit "

Selanjutnya: Rancang kebijakan penanganan Covid-19, Luhut akan kumpulkan epidemiolog

 

Editor: Handoyo .


Terbaru