Masih ada diskon pajak, berikut harga mobil baru Avanza di Jawa Tengah per Juli 2021

Selasa, 13 Juli 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Masih ada diskon pajak, berikut harga mobil baru Avanza di Jawa Tengah per Juli 2021


HARGA MOBIL - Jakarta. Konsumen otomotif di Jawa Tengah masih ada kesempatan untuk membeli mobil baru Toyota Avanza dengan harga murah. Harga mobil Toyota Avanza di Jawa Tengah pada Juli 2021 turun hingga Rp 8 juta karena pemerintah memperpanjang diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 0 persen.

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil Toyota yang mendapatkan diskon pajak 0 persen dari pemerintah. Selain Avanza, mobil Toyota lain yang mendapatkan diskon pajak 0 persen, yakni Vios, Sienta, Yaris, Rush, dan produk terbaru mereka Raize.

Pasalnya, low multi purpose vehicle (LMPV) produksi Toyota tersebut telah memenuhi syarat sebagai mobil dengan penggerak 4x2 termasuk sedan dengan kapasitas mesin kurang dari atau sama dengan 1.500 cc. Selain itu tingkat komponen dalam negeri yang dimiliki Avanza juga sudah mencapai 70 persen.

Berdasarkan regulasi yang sudah disahkan, insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen untuk berbagai model mobil di Indonesia resmi diperpanjang hingga Agustus 2021. Dengan demikian, harga mobil penerima diskon pajak 0 persen yang sebelumnya sudah naik akan kembali turun.

Adapun skema pemberian diskon pajak kendaraan baru berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.010/2021, yakni 100 persen dari PPnBM yang terutang untuk Masa Pajak April 2021 sampai dengan Mei 2021.

Baca juga: Ini harga mobil bekas Toyota Rush kian murah, sentuh Rp 80 juta per Juli 2021

Kemudian 100 persen dari PPnBM yang terutang untuk Masa Pajak Juni 2021 sampai dengan Masa Pajak Agustus 2021. Selanjutnya, 25 persen dari PPnBM yang terutang untuk masa Pajak September 2021 sampai dengan Desember 2021. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga sudah mengumumkan harga baru beberapa produk mereka untuk Juli 2021 dengan PPnBM 100 persen.

Salah satu produk yang telah diumumkan harganya, yakni Toyota Avanza. Berdasarkan data yang diterima redaksi Kompas.com dari salah satu tenaga penjual di diler Nasmoco Toyota Semarang, Jawa Tengah, harga Toyota Avanza mengalami penurunan dibandingkan bulan lalu.

Di Semarang Jawa Tengah, Avanza yang merupakan LMPV mobil sejuta umat tersebut mengalami penurunan harga mobil sebesar Rp 6 jutaan sampai dengan Rp 8 jutaan. Penurunan harga mobil paling banyak, yakni Toyota Avanza dengan tipe Veloz 1.5 transmisi otomatis dengan penurunan Rp 8,1 juta.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru