Massa Demo Kenaikan Harga BBM Mulai Meninggalkan Balai Kota DKI Jakarta

Rabu, 14 September 2022 | 19:04 WIB Sumber: Kompas.com
Massa Demo Kenaikan Harga BBM Mulai Meninggalkan Balai Kota DKI Jakarta

ILUSTRASI. Sejumlah demonstran harga BBM dari Himpunan Mahasiswa Islam berunjukrasa dengan membakar ban bekas di kawasan patung Kuda, Jakarta,


HARGA BBM - JAKARTA. Pengunjuk rasa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jakarta Timur mulai meninggalkan kawasan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Timur, Rabu (14/9/2022), sekitar pukul 17.52 WIB.

Mereka berunjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Seorang orator sempat mengajak massa untuk berselawat. Setelah itu massa mulai meninggalkan lokasi unjuk rasa.

Sebelum meninggalkan Balai Kota, massa meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merespons tuntutan mereka dalam waktu lima hari.  

"Atas tuntutan kami, kami minta dijawab dalam waktu 5x24 jam," teriak orator.

Baca Juga: Massa Demo Kenaikan Harga BBM Paksa Masuk ke Balai Kota DKI

Dalam aksi tersebut, massa juga meminta anggota DPRD DKI Jakarta turun menemui pengunjuk rasa. Namun, demonstrasi berakhir, tak ada anggota DPRD DKI yang bertemu, begitu juga dengan Pemprov DKI.

Ketika meninggalkan Balai Kota DKI, beberapa massa aksi mengucapkan terima kasih kepada sejumlah polisi yang mengawal unjuk rasa. "Terima kasih, Pak," ujar sejumlah massa aksi.

Adapun pemerintah telah resmi menaikan harga pertalite, solar dan pertamax pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Harga pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter, Solar naik dari Rp 5.150 menjadi 6.800 per liter, dan Pertamax naik dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia.

Namun, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun. Angka ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Angka Inflasi Diproyeksi Lampaui Pertumbuhan Ekonomi

Oleh karenanya, pemerintah memutuskan mengalihkan subsidi tersebut ke masyarakat yang kurang mampu melalui sejumlah bantuan sosial.

"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian," kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Demo Kenaikan Harga BBM Usai, Massa Mulai Tinggalkan Balai Kota DKI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru