Infrastruktur

Menkominfo akui pembangunan jaringan internet di Indonesia belum merata

Selasa, 26 Maret 2019 | 14:04 WIB Sumber: Kompas.com
Menkominfo akui pembangunan jaringan internet di Indonesia belum merata

KONTAN.CO.ID - KUPANG. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut, internet di Indonesia belum merdeka, karena belum dinikmati merata oleh semua masyarakat. Hal itu disampaikan Rudiantara, saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (26/3).

Menurut Rudiantara, permasalahan jaringan internet di Indonesia tidak sama seperti negara di Singapura, Malaysia dan Thailand. Tiga negara di Asia Tenggara itu, lanjut Rudiantara, adalah negara daratan yang membangun infrastruktur telekomunikasi atau digital hanya dengan menarik kabel optik saja.

Sedangkan Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga membangunnya pun tidak mudah, karena harus membangun kabel optik melalui jalur laut. Belum lagi, terdapat kesenjangan layanan internet antara Indonesia bagian barat dan timur yang tidak merata.

"Karena itu, tentunya kita harus mengurangi kesenjangan antara yang di Pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Dari sisi layanan maupun sisi harga harus sama," ujar dia.

Untuk itu, kata Rudiantara, pemerintah bekerja sama dengan operator terkait sejak tahun 2016, telah membangun Palapa Ring, untuk menyatukan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, agar semua terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

"Tahun ini kita akan memperingati hari kemerdekaan RI ke-74 yang tentunya merdeka dari penjajahan. Tapi, di internet kita belum merdeka," sebut dia.

Layanan internet di Indonesia bagian barat, hampir sebagian besar sudah beroperasi sejak Maret 2018. Sementara untuk Indonesia Tengah, telah beroperasi sejak Januari 2019. Sedangkan untuk Indonesia Timur, baru selesai antara 94% - 95% dan diharapkan akan selesai 100% pada pertengahan tahun 2019 ini.

"Jadi, kami akan perbaikan internet, di tingkat kabupaten dan kota setelah dibangun Palapa Ring. Pada bulan Agustus 2019 ini, diharapkan sudah selesai. Itu pun baru di tingkat kabupaten dan kota. Sedangkan kecamatan dan desa hampir semua belum. Kalaupun ada 4 G, tapi belum menjangkau semua kecamatan dan desa," ujar dia. (Sigiranus Marutho Bere)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkominfo Sebut Internet di Indonesia Belum Merdeka",
 

Editor: Noverius Laoli


Terbaru