MotoGP Mandalika 2022, UMKM NTB Siap Ambil Momentum

Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:20 WIB   Reporter: Yudho Winarto
MotoGP Mandalika 2022, UMKM NTB Siap Ambil Momentum

ILUSTRASI. Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat mengecek rumah kemasan pengolahan Ayam Taliwang kemasan di Kota Mataram.


MOTOGP - JAKARTA. Gubernur NTB H Zulkieflimansyah serius mendorong semua elemen untuk berakselerasi dalam balap kuda besi paling tersohor di dunia ini. Kehadiran Presiden Joko Widodo pekan lalu, seolah menjadi pelecut bila MotoGP ini membawa dampak yang besar bagi Indonesia dan khususnya bagi NTB.

“Penekanan Pak Presiden kepada para menteri supaya segala hal dipersiapkan dengan maksimal. Mulai dari akomodasi, fasilitas di sirkuit, dan infrastruktur pendukung lainnya,” kata Zulkieflimansyah dalam keterangannya , Jumat (21/1).

Bagi Doktor Ekonomi Industri ini, MotoGP menjadi momentum bagi usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) yang dimiliki oleh NTB untuk unjuk gigi.

Konsen Pemprov NTB terhadap UMKM begitu tinggi. Bahkan, dalam program industrialisasi mendorong kapasitas UMKM untuk ditingkatkan.

Beberapa waktu lalu, telah diresmikan Rumah Produksi kosmetik CV. Karya Iwin Insane di Science Tehnology dan Industrial Park (STIPark) Provinsi NTB.

Kedua, Rumah Produksi Organik Lombok Indonesia Pagesangan Mataram.  Ketiga, Rumah Produksi Ayam Taliwang Dalam Kemasan Steril di Gomong Mataram.

Keempat Rumah Produksi Sate Rembige Dalam Kemasan Steril Rembige. Dan, kelima peresmian Rumah Produksi Ayam Rarang Dalam Kemasan Steril di Kecamatan Terara, Lombok Timur.

Baca Juga: Menteri Teten Pastikan Kesiapan UMKM di Ajang MotoGP Mandalika

MotoGP menjadi kesempatan bagi produk-produk yang sudah naik kelas tersebut untuk tampil. Diperkirakan jumlah penonton yang akan datang pada Maret mendatang lebih dari 150 ribu orang.

“Ini kesempatan, semua harus mengambil momentum. Permintaan oleh-oleh makanan, kerajinan, dan cinderamata khas NTB akan tinggi. Waktunya unjuk gigi,” kata Politisi PKS ini.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru