MRT akan terintegrasi LRT Jabodebek di Dukuh Atas tahun 2021

Senin, 22 April 2019 | 17:06 WIB   Reporter: Handoyo
MRT akan terintegrasi LRT Jabodebek di Dukuh Atas tahun 2021


MRT - JAKARTA. Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengatakan, Moda Raya Terpadu (MRT) dengan light rail transit (LRT) ditargetkan terintegrasi di Dukuh Atas pada tahun 2021. Kedua moda transportasi massal itu akan dihubungkan dengan jembatan khusus pejalan kaki. 

"Ke depannya akan ada jembatan yang melintasi Kanal Banjir Barat, baik dari sisi barat maupun timur," ujar Kamaluddin ketika dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (22/4). 

"Dari MRT melewati atasnya rel kereta bandara, dari sisi timur melewati sisi atasnya Stasiun Sudirman Baru. Jadi bisa digunakan untuk menyeberang, bukan di sisi pinggir jalan, tetapi ada jembatan khusus pedestrian," katanya.  

Ia mengatakan, sisi selatan akan terhubung dengan LRT pada bagian bawahnya.  Ketika ditanya perkiraan rampungnya proyek tersebut, pihaknya belum bisa memberi kepastian. 

Namun, sejauh ini, proyek integrasi tersebut diperkirakan rampung pada 2021. "Ini masih berproses ya, masih agak lama. Kira-kira bersamaan dengan beroperasinya LRT Jabodebek. Nah, LRT Jabodebek diprediksi tersambung dengan jembatan kami di 2021," ujar Kamaluddin. 

Selain menghubungkan MRT dengan LRT Jabodebek, proyek jembatan ini juga disebut bakal mempermudah penumpang yang transit dari dan menuju Halte Dukuh Atas di Jalan Sudirman. 

"Terhubungnya jembatan ke selatan juga bisa membuat pengguna dengan mudah menyeberang juga ke halte transjakarta yang di Sudirman itu," ucapnya. Kawasan Dukuh Atas merupakan kawasan TOD (transit-oriented development) pertama di Jakarta. 

Menurut rencana, Dukuh Atas akan menjadi simpul pertemuan enam moda transportasi massal, yakni MRT, LRT Jakarta dan Jabodebek, commuter line, Railink Bandara, serta transjakarta. 

Di samping LRT Jakarta dan LRT Jabodebek, empat moda transportasi lainnya saat ini sudah beroperasi dan singgah di Dukuh Atas. PT MRT Jakarta merupakan master developer pengembangan TOD di kawasan yang dilintasi MRT. 

Beberapa stasiun MRT lain juga telah terhubung dengan moda transportasi massal seperti transjakarta. Kamaluddin mengatakan, integrasi serupa masih akan digenjot di stasiun MRT lainnya. Dalam waktu dekat, pihaknya tengah menggarap integrasi Stasiun MRT ASEAN dengan Halte CSW. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2021, MRT Terintegrasi LRT Jabodebek di Dukuh Atas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru