MRT Fase 2A Ditargetkan Beroperasi Tahun 2027

Jumat, 15 Desember 2023 | 18:21 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
MRT Fase 2A Ditargetkan Beroperasi Tahun 2027


MRT – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung progres pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jakarta.

Jokowi mengatakan, saat ini progres konstruksi fase 2A dari Bundaran HI menuju ke Kota sudah mencapai 28,4%. Menurutnya progres tersebut terbilang sudah bagus dari perencanaan capaian saat ini. Saat meninjau proyek MRT tersebut, Presiden Jokowi juga melihat terowongan dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Jokowi menambahkan, proyek MRT bukan merupakan pekerjaan mudah karena pekerjaannya harus dikerjakan di tengah keramaian Jakarta.

Baca Juga: Jokowi: Progres Pembangunan MRT Fase 2A Melampaui Target

“(MRT Fase 2A) Berfungsi (beroperasi) kita harapkan nanti di 2027,” ujar Jokowi dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (15/12).

Setelah fase 2A rampung, Jokowi mengatakan, proyek akan dilanjutkan dengan fase 2B dari Kota menuju Ancol. Ia menyebut bahwa semuanya masih dalam proses dan akan segera diputuskan. Menurut Jokowi, keputusan akan diambil pemerintah setelah melakukan perhitungan dan studi.

“Kalau hitung-hitungan, kalau kalkulasi studinya sudah rampung semua, langsung kita putuskan. Karena memang Jakarta membutuhkan transportasi massa yang terintegrasi bukan sendiri-sendiri,” jelas Jokowi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, Kemenhub akan terus mengawal pelaksanaan proyek ini bersama dengan Pemprov DKI Jakarta. Hal itu agar proyek bisa diselesaikan sesuai dengan target waktu yang ditetapkan.

Menhub mengungkapkan, akan terus mendorong pembangunan transportasi massal perkotaan di Jabodetabek, untuk mengatasi sejumlah permasalahan seperti kemacetan, polusi udara, tingginya angka kecelakaan, dan permasalahan lainnya.

Baca Juga: Menhub Dorong Penyelesaian Proyek MRT Jakarta Fase 2A Sesuai Target

“Dengan semakin banyaknya pilihan moda transportasi massal yang tersedia, diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang beralih menggunakan transportasi massal,” kata Budi Karya.

Seperti diketahui, pembangunan MRT Fase 2 merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang merupakan kelanjutan dari pembangunan  koridor utara—selatan fase 1, yang telah beroperasi sejak 2019 lalu. Pembangunan MRT Fase 2 terbagi menjadi dua tahap yaitu: Fase 2A dan 2B.

Fase 2A menghubungkan Bundaran HI – Kota sepanjang 5,8 Km, yang melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu: Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Sedangkan Fase 2B terdiri dari dua stasiun bawah tanah yaitu: Mangga Dua dan Ancol, serta satu depo di Ancol Barat, dengan total panjang jalur sekitar 6 (enam) kilometer.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru