Mukernas Komunitas Pengusaha TDA Dorong Kemajuan Kewirausahaan di Indonesia

Kamis, 31 Agustus 2023 | 12:52 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Mukernas Komunitas Pengusaha TDA Dorong Kemajuan Kewirausahaan di Indonesia

Komunitas Pengusaha Tangan di Atas (TDA) mengadakan Mukernas TDA 8.0 di The Rich Hotel, Sleman, DIY dari Rabu (30/08/2023) hingga Jumat (01/09/2023).


PENGUSAHA -  JAKARTA. Komunitas Pengusaha Tangan di Atas (TDA) mengadakan Mukernas TDA 8.0 di  Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Acara ini dihadiri sekitar 500 peserta dari 109 kabupaten/kota di Indonesia dengan tema "Memajukan Kewirausahaan Nasional melalui Program Pengusaha TDA To The Next Level."

Presiden TDA 8.0 Eko Desriyanto menekankan bahwa Mukernas tahun ini merupakan kelanjutan dari peran aktif komunitas TDA yang telah berjalan selama 18 tahun dalam meningkatkan kemampuan pengusaha di Indonesia.

"Inisiatif To The Next Level akan memfasilitasi 39.000 member TDA dalam meningkatkan level bisnis mereka, dari UMKM ke level korporasi dan lainnya," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (31/8).

Baca Juga: Komunitas Tangan Di Atas Resmi Punya Nahkoda Baru

Eko memaparkan tiga hal utama dari Mukernas:  Pertama, Dukungan Terhadap Target Kewirausahaan Nasional: TDA berkomitmen mendukung upaya pemerintah mencapai target kewirausahaan nasional sebesar 3,95%.

Eko, yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Idea Indonesia, Tbk, menyebut bahwa sinergi antara sektor swasta dan pemerintah adalah kunci untuk mencapai target ini.

Kedua, pemberdayaan Pengusaha di 109 Daerah TDA: Eko menjelaskan bahwa program To The Next Level bertujuan untuk memberikan pelatihan, akses sumber daya, dan bimbingan bagi pengusaha lokal guna mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Ketiga, pembentukan Universitas Bisnis TDA: Sebagai bentuk keseriusan dalam dunia bisnis, TDA berencana membentuk universitas bisnis yang akan menekankan kewirausahaan, teknologi, dan digital.

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) ADHI Raih Penghargaan untuk Program CSR Pendanaan UMK Mitra Binaan

Universitas ini akan berbasis di Jakarta dengan sistem perkuliahan hybrid dan berfokus pada pemahaman bisnis terapan. Eko menambahkan optimisme bahwa melalui pendidikan dan kolaborasi, Indonesia dapat mencapai potensi ekonominya yang luar biasa. 

"Dengan Universitas Bisnis TDA, kami menargetkan menghasilkan 80% pengusaha dan 20% spesialis," katanya, "Mahasiswa kami akan dilibatkan dalam dunia kerja selama kuliah, sehingga mengurangi angka pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi."

Hendra W. Saputro, Ketua Panitia Mukernas TDA 8.0, memaparkan agenda acara yang akan berlangsung selama tiga hari, termasuk konferensi pers, pembahasan program kerja, hiburan, penandatanganan MoU, dan peluncuran buku serta Universitas Bisnis TDA.

Baca Juga: Suku dan Budaya: The Apurva Kempinski Bali menyorot Pulau Sulawesi

Dia mengakhiri dengan menyebutkan bahwa pada hari terakhir akan ada penyerahan SK kepada berbagai ketua dan anggota kehormatan. Dengan Mukernas ini, TDA berharap dapat membangun ekosistem kewirausahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru