Pada Hari Kerja di Jakarta, 12 Juta Motor Padati Jalan Raya

Kamis, 29 September 2022 | 17:08 WIB Sumber: Kompas.com
Pada Hari Kerja di Jakarta, 12 Juta Motor Padati Jalan Raya

ILUSTRASI. Pengemudi sepeda motor saat melintas di kawasan MH. Thamrin,


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat, sekitar 12 juta sepeda motor masuk ke Ibu Kota pada hari kerja.

"Sepeda motor sekitar 12 juta. Ini menjadi tantangan sendiri, karena pada saat di jalan, sering terjadi kepadatan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Syafrin mengimbau masyarakat menggunakan transportasi umum yang disediakan pemerintah. "Bisa lebih efisien dan tentu lebih sehat karena tentu jika mereka ada di jalan dengan kondisi terbuka, mereka bisa menghirup polutan," ujar Syafrin.

Syafrin menuturkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) agar warga dari wilayah penyangga disediakan transportasi umum.

Baca Juga: Ketentuan Ganjil Genap Jakarta Hari Kerja, Hari Libur, dan Akhir Pekan, Catat!

"Kami dorong untuk menyiapkan layanan angkutan umum langsung. Tadi yang Bekasi sudah kami opersionalkan, juga Tangerang, Depok, kami mulai operasionalkan lagi," kata Syafrin.

Syafrin berharap, masyarakat dari wilayah penyangga yang sebelumnya menggunakan sepeda motor selama pandemi Covid-19, kini bisa kembali memanfaatkan transportasi umum.

"Akan kami sampaikan apa upaya kami bersama sehingga penanganan permasalahan transportasi ini tidak hanya bicara terkait administrasi saja," ujar Syafrin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dishub DKI: 12 Juta Motor Masuk Jakarta pada Hari Kerja"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru