Pandeglang genjot pembangunan sektor pariwisata

Kamis, 03 November 2016 | 18:22 WIB Sumber: Antara
Pandeglang genjot pembangunan sektor pariwisata


SERANG. Kabupaten Pandeglang akan menggenjot pembangunan sektor pariwisata untuk menambah kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Mengingat sektor tersebut potensinya cukup besar namun kontribusi terhadap PAD masih kecil.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung dan juga nanti adanya jalan Tol Serang-Panimbang, akan terbuka peluang untuk peningkatan PAD di Pandeglang, khususnya dari sektor pariwisata. 

Ia mengakui selama ini persoalan pengangguran menjadi masalah yang harus dipecahkan solusinya oleh pemerintah. Maka dengan masuknya investasi ke Pandeglang akan meningkatkan PAD serta mengurangi pengangguran.

''KEK Tanjung Lesung sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga, ada posisi tawar yang lebih baik serta KEK ini membuka alternatif objek wisata nasional selain daerah seperti di Bali," kata Irna.

Pihaknya berharap dengan berkembangnya KEK serta adanya tol Serang-Panimbang, bisa mengangkat perekonomian daerah penyangga di sekitar Tanjung Lesung serta desa-desa yang selama ini masih tertinggal.

"Kami sedang menyusun anggaran untuk 2017 agar semua SKPD di Pandeglang bisa bersama-sama ikut terlibat membangun desa-desa yang masih tertinggal," kata mantan anggota DPR RI dari Fraksi PPP ini.

Hanya saja, kata dia, persoalan kurangnya infrastruktur masih menjadi permasalahan krusial, mengingat kemampuan APBD Pandeglang sangat terbatas. Namun dengan adanya bantuan provinsi dan sejumlah kementerian sangat terbantu untuk memperbaiki infrastruktur di Pandeglang.

"Kami menyadari untuk peningkatan PAD dari sektor pariwisata selama ini belum terkelola dengan baik. Makanya kami pada 2017 nanti akan lebih intens untuk pengelolaan objek wisata," kata Irna.

(Mulyana)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru