Pasca perbaikan, Flyover Cengkareng akhirnya dibuka untuk umum

Jumat, 11 Januari 2019 | 13:00 WIB Sumber: Kompas.com
Pasca perbaikan, Flyover Cengkareng akhirnya dibuka untuk umum


LALU LINTAS - JAKARTA. Flyover atau jembatan layang Cengkareng Jakarta Barat dari arah Kembangan ke Pluit sudah bisa dilalui kendaraan. 

Sebelumnya, jembatan tersebut ditutup sejak Kamis (27/12) karena adanya rongga yang memisahkan landasan jalan. 

"Jembatan flyover Rawa Buaya menuju Cengkareng (pada) Kamis, 10 Januari 2019 sudah selesai perbaikannya dan sudah dibuka kembali untuk umum, arus lalu lintas lancar," kata Camat Cengkareng, Masud Efendi kepada wartawan, Jumat (11/1). 

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi Jumat pukul 09.20 WIB, pengendara sepeda motor dan mobil dari arah Kembangan menuju Cengkareng dan Pluit sudah bisa melewati flyover. Sudah tidak ada lagi movable concrete barier (MCB). 

Lalu lintas terpantau ramai lancar. Berbeda saat flyover masih ditutup, antrean kendaraan arah traffic light Rawa Buaya padat. 

Flyover Cengkareng diperbaiki karena landasan atau pot bearing tidak berfungsi penuh akibat dilalui muatan yang melebihi kapasitasnya. 

Oleh karena itu, dilakukan perbaikan pot bearing oleh petugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga. 

Selain itu, dilakukan pula penyambungan siar muai (extension joint) pada pilar jembatan ke-4 dan 11. Saat ini, pada kedua pilar masih terpasang besi-besi penyangga yang dijadwalkan akan dibongkar pada Jumat. 

"(Flyover Cengkareng) sudah dibuka dari kemarin (Kamis) pukul 23.00. Sudah tidak disangga, kami mulai proses pembongkaran," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Erwin dalam pesan singkat, Jumat. 

Sebelum flyover Cengkareng bisa dilewati kendaraan, Bina Marga melakulan uji kekuatan landasan sejak Rabu. Tak butuh waktu lama, keesokan harinya yakni Kamis sudah bisa dilewati. (Rima Wahyuningrum)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Perbaikan Selesai, "Flyover" Cengkareng Sudah Bisa Dilintasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru