Peristiwa

Pasien Covid-19 membeludak, antrean di UGD Wisma Atlet Kemayoran mengular

Selasa, 15 Juni 2021 | 12:49 WIB Sumber: Kompas.com
Pasien Covid-19 membeludak, antrean di UGD Wisma Atlet Kemayoran mengular

ILUSTRASI. UGD Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, kembali mencatatkan lonjakan pasien Covid-19. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nz

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, kembali mencatatkan lonjakan pasien Covid-19. Komandan Lapangan RS Wisma Atlet Letkol Laut M Arifin membenarkan video viral yang menunjukkan kondisi antrean di UGD RS Wisma Atlet. 

Dalam video itu, terlihat antrean mengular hingga memenuhi seisi ruangan. Bahkan, banyak pasien yang duduk berlesehan di lantai. Menurut Arifin, antrean itu terjadi pada Senin (14/6/2021) malam. 

"Antrean terjadi karena banyaknya pasien yang datang dalam waktu berdekatan," kata Arifin kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021). 

Arifin mengatakan, setiap pasien yang akan masuk RS Wisma Atlet memang diarahkan dulu ke area UGD. 

Baca Juga: Atasi lonjakan kasus Covid-19, kapasitas RS di zona merah akan dinaikkan hingga 40%

Selain dilakukan pendataan, di area itu juga dilakukan diagnosis awal apakah pasien masuk kategori tanpa gejala, gejala ringan, sedang, atau berat. 
Setelah pendataan dan diagnosis selesai dilakukan, baru pasien diarahkan ke kamar perawatan. Oleh karena itu, penumpukan pasien di area UGD tidak bisa dihindari. 

"Jadi memang awalnya harus antre dulu," kata Arifin. 

Arifin menyebutkan, terus melonjaknya jumlah pasien di RS Wisma Atlet merupakan dampak dari liburan Lebaran beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kasus baru Covid-19 melonjak 302% dalam 10 hari, ini sebaran RT/RW zona merah di DKI

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru