PDI-P buka pendaftaran bakal cagub DKI

Kamis, 07 April 2016 | 17:34 WIB Sumber: Kompas.com
PDI-P buka pendaftaran bakal cagub DKI


JAKARTA.  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memulai proses pencarian bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Partai tersebut secara resmi membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin mengikuti penjaringan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI 2017. 

"Pendaftaran kita mulai tanggal 8 April 2016 dan penutupan pendaftarannya nanti akan disampaikan DPD PDI Perjuangan DKI lebih lanjut lagi," ujar Wakil Ketua DPD PDI-P DKI bidang Pemenangan Pemilu Gembong Warsono di Kantor DPD PDI-P DKI, Jalan Tebet Raya, Kamis (7/4). 

Gembong mengatakan, pendaftaran ini dibuka untuk kader internal PDI-P maupun figur eksternal. Semua nama figur yang mengemuka dan serius ingin menjadi bakal calon gubernur dari PDI-P diharap mendaftar dalam proses penjaringan ini.

"Tapi kita masih memberi peluang dari luar partai yang mau maju. Kita buka peluang seluasnya untuk tokoh eksternal yang mau mencalonkan lewat PDI-P," ujar Gembong. 

Gembong mengatakan seluruh figur yang sudah mendaftar nantinya akan disaring kembali. PDI-P juga akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap para pendaftar calon gubernur yang ingin diusung partai berlambang banteng tersebut. 

Nantinya, nama-nama yang tersaring akan diberikan kepada DPP PDI-P untuk ditentukan sebagai cagub atau cawagub. 

PDI-P merupakan partai dengan perolehan kursi terbesar di DPRD DKI. Partai ini memiliki 28 kursi. Dengan kursi sebanyak itu, PDI Perjuangan bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur tanpa harus berkoalisi dengan partai apapun. 

Partai ini juga merupakan partai satu-satunya yang bisa mengusung tanpa berkoalisi. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru