Peristiwa

Pelacakan ratusan orang yang kontak dekat dengan Anies-Riza: 24 positif Covid-19

Kamis, 03 Desember 2020 | 06:17 WIB Sumber: Kompas.com
Pelacakan ratusan orang yang kontak dekat dengan Anies-Riza: 24 positif Covid-19

ILUSTRASI. Dinkes DKI Jakarta telah melakukan tes swab terhadap 437 orang yang diketahui melakukan kontak erat dengan Anies dan Riza. Surya/Ahmad Zaimul Haq


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa hari lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melakukan pelacakan (contact tracing) kepada orang-orang yang sempat berkontak atau berada di lingkungan tempat Anies dan Ariza berkegiatan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, hingga Selasa (1/12/2020), Dinkes DKI Jakarta telah melakukan tes usap (swab) terhadap 158 orang yang diketahui melakukan kontak erat dengan Anies dan 279 orang yang berkontak erat dengan Ariza.

"Sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang," kata Widyastuti melalui keterangan tertulis, Rabu (2/12/2020). 

Widyastuti menjelaskan, dari total orang yang pernah berkontak erat dengan Anies, sebanyak 5 orang dinyatakan positif Covid-19, 111 orang negatif, dan 42 orang lainnya masih menunggu hasil. 

Baca Juga: Gubernur dan Wagub DKI positif Covid-19, pencegahan corona di DKI tetap berjalan

Sementara itu, dari kontak erat Ariza pada periode pelacakan 28 november-1 Desember 2020, ditemukan 19 orang positif, 185 orang negatif, dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil. 

Dengan demikian, kontak erat Anies dan Ariza yang dinyatakan positif Covid-19 saat ini berjumlah 24 orang. Mereka yang terkonfirmasi positif kemudian menjalani isolasi mandiri atau dirawat sesuai dengan derajat gejala yang dialami. 

Widyastuti mengatakan, Anies dan Ariza selama ini rutin melakukan tes usap minimal 1-2 kali dalam seminggu. 

Baca Juga: Gubernur dan Wagub DKI positif Covid-19, masyarakat harus patuh protokol kesehatan

Dengan demikian, keduanya bisa terdiagnosis sejak dini dan mendapatkan penanganan cepat. Widyastuti juga mengeklaim, pelacakan kontak menjadi lebih cepat. 

Menurutnya, pelacakan kontak yang dilakukan oleh Dinkes DKI Jakarta bukan untuk menyatakan orang yang tertular dari Anies maupun Ariza, namun untuk mengetahui siapa saja yang tertular bersama mereka berdua. 

"Sekali lagi, kami menegaskan bahwa mereka yang terkonfirmasi positif dari hasil pelacakan kontak tidak menentukan sumber penularannya adalah Gubernur ataupun Wakil Gubernur," ucap Widyastuti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "437 Orang yang Pernah Berkontak dengan Anies dan Ariza Dites Swab, 24 Positif Covid-19"
Penulis : Rosiana Haryanti
Editor : Nursita Sari

 

Selanjutnya: Keterpakaian ruang ICU pasien Covid-19 DKI Jakarta sudah capai 74%

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru