Pemda Semarang minta pabrik dengan konsep wisata

Senin, 26 Januari 2015 | 12:12 WIB   Reporter: Mona Tobing
Pemda Semarang minta pabrik dengan konsep wisata

ILUSTRASI. Sinopsis Zombieverse, serial game show terbaru tentang serangan zombie horor dan penuh komedi di Netflix.


SEMARANG. Pemerintah Daerah (Pemda) Semarang mendorong pengusaha membangun pabrik dengan konsep wisata untuk meningkatkan pemasukan daerah. Cara ini diyakini mampu mendorong turis lokal dan manca negara berpelesir ke Semarang.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pengusaha yang hendak membangun pabrik di Semarang harus mengubah konsep pabriknya. Bukan sekedar industri penghasil produk tetapi mengarah pada konsep wisata pendidikan.

"Pabrik berbasis agribisnis sangat memungkinkan untuk diarahkan konsep edukasi. Turis yang datang pasti akan tertarik untuk mengetahui bagaimana proses produksi. Pabrik bisa dibuat layaknya hotel," katanya dalam peresmian pabrik ekstraksi PT Petropack Agro Industries (Petropack Agro), Senin (26/1).

Dia menargetkan, tahun ini target pendapatan Kota Semarang naik menjadi Rp 1,05 triliun dari pencapaian 2014 sebesar Rp 800 miliar. Sedangkan realisasi investasi sepanjang tahun 2014 mencapai Rrp 3,9 triliun.

Hendrar optimis investasi industri kota Semarang bakal lebih ramai seiring penyelesaian jalan tol Solo-Semarang tahun 2017. Plus, upah buruh di Semarang yang terbilang murah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa

Terbaru