Pemprov DKI akan tetapkan 19 April jadi hari libur

Kamis, 06 April 2017 | 22:57 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI akan tetapkan 19 April jadi hari libur


JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta akan menetapkan hari pencoblosan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada 19 April 2017 sebagai hari libur.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, hal itu dilakukan agar setiap warga yang memiliki hak pilih bisa menyalurkan hak politiknya.

Meski telah diatur dalam undang-undang soal penetapan libur, Pemprov DKI masih harus menunggu petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri untuk menerbitkan surat edaran tersebut. Libur berlaku untuk instansi negeri dan swasta.

"Jawabannya akan diliburkan, ada undang-undang yang atur waktu pilkada libur," kata  Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (6/4).

Ia meminta kepada seluruh masyarakat memanfaatkan hari libur tersebut untuk mencoblos di wilayah mereka masing-masing.

"Posisinya adalah seperti itu supaya benar-benar bisa dimanfaatkan. Karna itu saya mengimbau meski libur jangan untuk digunakan berekreasi, lupa nyoblos," kata Sumarsono.

Ketetapan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, tanggal pemilihan umum menjadi hari libur. Pemprov DKI sebelumnya juga menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur saat pelaksanaan Pilkada DKI putaran pertama. (David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru