Peristiwa

Pendiri dan direktur Linus Coal Energy, Iqbal Linus bicara soal kepemimpinan

Kamis, 15 April 2021 | 20:56 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Pendiri dan direktur Linus Coal Energy, Iqbal Linus bicara soal kepemimpinan

ILUSTRASI. Pendiri dan Direktur PT Linus Coal Energy, Muhammad Iqbal (tengah)

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pendiri dan Direktur PT Linus Coal Energy, Muhammad Iqbal, sukses mengembangkan perusahaan pertambangan di Jambi. Kunci kesuksesan itu tak terlepas dari kepemimpinan yang melayani.

Pria yang akrab disapa Iqbal Linus ini mengatakan, seorang pemimpin itu harus punya empati yang tinggi. Dan hal itu hanya bisa terbentuk bila ia melalui berbagai proses dan tahan dari bawah. Artinya, tidak ada kesuksesan yang instan dan lewat jalan pintas.

“PT Linus Coal Energy yang saya didirikan tahun 2014 kini terus berkembang dengan melakukan ekspansi dengan mendiri kantor-kantor cabang cabang di Jakarta, Jawa Timur, Banten, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah," ujar Iqbal dalam keterangannya, Kamis (15/4).

Selain pendiri dan direktur di Linus Coal Energy, Iqbal Linus juga menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi. 

Sebagai putra asli Jambi, ia mengaku punya semangat untuk membangun daerah kelahiran. Termasuk untuk melahirkan pengusaha- pengusaha lokal untuk sama-sama membangun Jambi. Selain itu, ia juga menjabat sebagai ketua Bidang BPD HIPMI Provinsi Jambi. 

Baca Juga: Prospek batubara membaik, simak rencana bisnis Harum Energy (HRUM) pada 2021

"Saya ingin turut membangun Jambi dengan merekrut dan membina putra-putra daerah menjadi seorang pengusaha di bidang UMKM sehingga mereka dapat berkontribusi untuk membangun Jambi maupun Indonesia," tegas alumni University of British Columbia Kanada.

Menurut peraih penghargaan The Best Innovative Figure Award 2020 dalam kategori The Best Innovative Milenial Figures 2020, sangat percaya dengan filosofi tak ada pemimpin yang sukses sendirian. 

"Keberhasilan sekecil apa pun yang dicapainya pasti berkat bantuan atau dukungan anak buah dan orang-orang di sekelilingnya. Saya enggak bisa sendirian. Saya akan berhasil bila mendapat dukungan dari semua karyawan. Bagaimana caranya mendapat dukungan? Saya harus memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengembangkan potensinya," ucapnya.

Di dunia pertambangan, yang sudah di geluti sejak 7 tahun lalu, Iqbal Linus ingin terus bekerja dan berkarya menularkan ilmu kepada anak buah membentuk hal yang lebih baik untuk masyarakat bahkan bangsa.

"Saya menekankan pelatihan kepada anak buah. Kalau anak buah sukses, kita pasti sukses. Saya yakin bisnis pertambangan ini akan terus berkembang karena kebutuhan akan batu bara dan nickel untuk pasar ekspor sangat besar. Apalagi para mitra bisnis saya terus memberikan support dengan memberikan kemudahan. Dan PT Linus Coal Energy saat ini sedang melakukan ekplorasi nickel di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara," tutur Iqbal Linus.

Selanjutnya: Perusahaan batubara siap revisi RKAB seiring penambahan kuota ekspor batubara

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru